Jenderal Tertinggi AS Sebut Mustahil Usir Tentara Rusia dari Ukraina Tahun Ini

Sabtu, 01 April 2023 - 09:10 WIB
loading...
Jenderal Tertinggi AS Sebut Mustahil Usir Tentara Rusia dari Ukraina Tahun Ini
Panglima Militer Amerika Serikat Jenderal Mark Milley skeptis tujuan Ukraina mengusir seluruh tentara Rusia tercapai tahun ini. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Jenderal tertinggi Amerika Serikat (AS), Mark Milley, mengatakan tujuan yang dinyatakan Ukraina untuk mengusir semua tentara "penjajah" Rusia tidak mungkin tercapai tahun ini.

Komentar Ketua Kepala Staf Gabungan AS itu disampaikan dalam sebuah wawancara dengan Defense One pada hari Jumat (31/3/2023).

Komentarnya muncul saat Kiev mengumumkan serangan besar musim semi dan mengeluh karena tidak memiliki semua senjata yang dibutuhkan untuk itu.

"Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa tujuan Ukraina adalah untuk mengusir setiap orang Rusia dari [wilayah] Ukraina yang diduduki Rusia,” kata Jenderal Milley.



"Dan itu adalah tugas militer yang signifikan. Tugas militer yang sangat, sangat sulit," katanya lagi.

"Saya tidak mengatakan itu tidak bisa dilakukan," imbuh Milley. "Saya tidak berpikir itu mungkin dilakukan dalam waktu dekat untuk tahun ini."

Kendati demikian, Jenderal Milley tidak bermaksud mematahkan semangat perjuangan Ukraina. "Ukraina tentu saja memiliki hak untuk itu [mengusir tentara Rusia] dan berada di landasan moral yang tinggi," ujarnya.

Panglima Militer Amerika itu juga menegaskan bahwa Rusia telah gagal baik secara strategis maupun taktis dalam perangnya di Ukraina.

Ini bukan pertama kalinya Milley menyuarakan skeptisisme tentang kemenangan militer Ukraina. Pada konferensi pers di bulan November, dia mengatakan kemungkinan Kiev merebut Krimea dalam waktu dekat tidak tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)