Pemimpin UE Gagal Capai Konsensus Soal Rencana Pemulihan Covid-19

Minggu, 19 Juli 2020 - 20:39 WIB
loading...
Pemimpin UE Gagal Capai Konsensus Soal Rencana Pemulihan Covid-19
Pertemuan khusus yang mengelompokkan para kepala negara dan pemerintah negara-negara anggota UE gagal mencapai konsensus mengenai anggaran multinasional dan rencana pemulihan. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Pertemuan khusus yang mengelompokkan para kepala negara dan pemerintah negara-negara anggota Uni Eropa (UE) gagal mencapai konsensus mengenai anggaran multinasional dan rencana pemulihan. Rencana ini dirancang untuk mengangkat blok keluar dari krisis yang dipicu oleh pandemi Covid-19.

Dewan Eropa menuturkan, pertemuan itu awalnya dijadwalkan berlangsung dua hari, Jumat dan Sabtu. Namun, karena belum ada konsensus sesi tambahan akan kembali digelar pada Minggu (19/7/2020).

( )

Dalam rencana pemulihan 750 miliar euro yang dibiayai utang, 500 miliar euro akan dibayarkan sebagai hibah yang tidak dapat dibayarkan kembali ke negara-negara yang dilanda krisis dan 250 miliar sebagai pinjaman. Tetapi negara-negara anggota UE sangat berbeda pendapat mengenai hal ini.

Belanda, Denmark, Swedia dan Austria, dijuluki Frugal Four, menentang hibah yang tidak dapat dikembalikan dan menyerukan untuk menghubungkan bantuan dengan rencana reformasi, sementara Spanyol dan Italia, negara-negara yang paling terpukul oleh pandemi, menyerukan untuk mencapai konsensus sebagai secepatnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)