Kisah Ukraina Imingi Pilot Rusia Rp14,9 M untuk Membelot dengan Jet Su-34

Jum'at, 31 Maret 2023 - 15:12 WIB
loading...
A A A
Berdasarkan klaim Nosenko bahwa muatan beroperasi sendiri, ada kemungkinan bahwa mereka menggunakan amunisi seperti rudal jelajah Kh-59 atau rudal anti-radiasi Kh-31P.

Dia lebih lanjut mengeklaim bahwa pilot tidak diberi pengarahan sebelumnya tentang rencana operasional atau arah penerbangan mereka. Informasi tersebut baru terungkap pada saat-saat terakhir, sesaat sebelum penerbangan.

Laporan tersebut menambahkan bahwa Nosenko berencana untuk membius navigatornya, satu-satunya orang lain di kokpit yang bersamanya. Nosenko setuju untuk keluar dari wilayah udara yang dikuasai Rusia dan terbang di atas pasukannya di ketinggian sebelum turun ke garis depan. Perhatian utamanya adalah pertahanan udara Ukraina.

Dia mengungkapkan ketakutannya dengan mengatakan, “Saya dengar mereka dibayar mahal untuk menembak jatuh pesawat.”

“Saya akan lebih percaya diri jika saya tahu setidaknya area penyebaran mereka untuk mengelilingi mereka dan mulai bermanuver tepat waktu dengan percaya diri,” lanjut dia.

Pilot Rusia juga bermaksud membawa istrinya ke luar negeri, kemungkinan melalui Armenia atau Belarusia. Dia berencana mendapatkan paspor baru di sana untuknya dengan bantuan mata-mata Ukraina dan kemudian melanjutkan ke salah satu negara bagian Baltik.

Namun, seluruh rencana itu diketahui oleh Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB). Akibatnya, Ukraina hanya dapat memperoleh informasi teknis penting tentang pesawat perang tetapi tidak berhasil mendapatkan pesawat yang sebenarnya.

Menurut laporan Yahoo News, Jumat (31/3/2023), terlepas dari risikonya, pilot Rusia berencana menerbangkan pesawat mahalnya ke wilayah udara Ukraina, di mana pencegat Ukraina akan menemuinya dan memberikan pengawalan yang aman ke jalur pendaratan yang ditentukan.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)