Rusia Klaim Tembak Jatuh Helikopter Mi-8 Ukraina di Zaporozhye

Jum'at, 31 Maret 2023 - 04:00 WIB
loading...
Rusia Klaim Tembak Jatuh Helikopter Mi-8 Ukraina di Zaporozhye
Rusia Klaim Tembak Jatuh Helikopter Mi-8 Ukraina di Zaporozhye. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Pasukan pertahanan udara Rusia mencegat rudal balistik Grom-2 Ukraina dan menembak jatuh helikopter Mi-8 selama beberapa hari terakhir. Hal itu diungkapkan juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Letnan Jenderal Igor Konashenkov, Kamis (30/3/2023).

“Kemampuan pertahanan udara menembak jatuh helikopter Mi-8 Angkatan Udara Ukraina di dekat pemukiman Temirovka di Wilayah Zaporozhye,” kata Konashenkov, seperti dikutip dari kantor berita TASS.



Secara keseluruhan, sejak melancarkan invasi ke Ukraina, Angkatan Bersenjata Rusia telah menghancurkan 404 pesawat tempur Ukraina, 227 helikopter, 3.622 kendaraan udara tak berawak.

“Selain itu, selama periode 24 jam terakhir, mereka mencegat rudal operasional/taktis Grom-2, tiga roket dari Sistem roket peluncuran ganda HIMARS, dan juga menghancurkan dua kendaraan udara tak berawak Ukraina di dekat komunitas Novoandreyevka dan Zelyony Gai di Republik Rakyat Donetsk," lanjut Konashenkov.

Dilaporkan pula, pasukan Rusia menyerang lebih dari 90 unit artileri Ukraina di posisi tembak dalam beberapa hari terakhir. “Dalam 24 jam terakhir, pesawat penerbangan operasional/taktis dan militer, pasukan rudal dan artileri dari kelompok pasukan Rusia menyerang 93 unit artileri di posisi tembak, tenaga kerja dan peralatan di 107 area,” jelasnya.

Sementara di daerah Kupyansk, pasukan Rusia menyerang pasukan dan peralatan Ukraina, serta melenyapkan sekitar 50 tentara musuh selama beberapa hari terakhir.



“Di arah Kupyansk, pesawat penerbangan militer dan artileri dari kelompok tempur barat menyerang tenaga dan peralatan musuh di daerah dekat pemukiman Gryanikovka dan Sinkovka di Wilayah Kharkov, Novosyolovskoye dan Stelmakhovka di Republik Rakyat Lugansk,” kata juru bicara itu.

Masih menurut Konashenkov, gempuran pasukan Rusia juga menghancurkan depot amunisi, fasilitas penyimpanan bahan bakar, dan sistem misil anti-pesawat Buk-M1 tentara Ukraina.

"Di area pemukiman Grebennikovka di Wilayah Sumy, peluncur rudal anti-pesawat self-propelled Buk-M1 Ukraina dihancurkan. Di area pemukiman Olgovka di Wilayah Kherson, depot amunisi teritorial ke-126 brigade pertahanan dihancurkan,” ungkapnya.

“Juga, fasilitas penyimpanan bahan bakar dari brigade pertahanan teritorial ke-102 dihancurkan di dekat pemukiman Zaliznichnoye di Wilayah Zaporozhye," tambah Konashenkov.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)