Spanyol Akan Kirim 6 Tank Leopard ke Ukraina

Rabu, 29 Maret 2023 - 22:04 WIB
loading...
Spanyol Akan Kirim 6 Tank Leopard ke Ukraina
Spanyol Akan Kirim 6 Tank Leopard ke Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
MADRID - Spanyol akan mengirim enam tank Leopard 2A4 buatan Jerman ke Ukraina setelah liburan Paskah 9 April untuk mendukung upaya Kiev menangkis invasi Rusia. Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan Spanyol, Margarita Robles kepada anggota parlemen, Rabu (29/3/2023).

Robles mengatakan, negara itu baru saja memperbaiki kendaraan tempur yang tidak digunakan sejak 1990-an, dan sedang menguji kesiapan tempur mereka sebelum mengirimkannya.



"Dengan mengirimkan Tank Leopard, kami akan terus membantu rakyat Ukraina untuk mempertahankan diri dari serangan yang benar-benar tidak adil," kata Robles, seperti dikutip dari JPost.

Ia menambahkan, Spanyol akan memperbaiki empat tank lagi yang akan dikirim "dalam waktu dekat". Dilaporkan pula, militer Spanyol telah melatih awak tank Ukraina selama beberapa minggu di kota timur laut Zaragoza.

Lusinan tentara Ukraina pada 13 Maret menyelesaikan pelatihan empat minggu di Spanyol tentang cara mengoperasikan tank tempur Leopard 2A4.

“Sebanyak 40 awak tank dan 15 spesialis mekanik menjalani pelatihan tentang penggunaannya di sebuah pangkalan militer di timur laut kota Zaragoza,” kata Angkatan Bersenjata Spanyol dalam sebuah pernyataan.



Awal pekan ini, 18 tank Leopard 2 yang dijanjikan oleh Jerman dan tiga tank yang dijanjikan oleh Portugal tiba di Ukraina. Kiev mengatakan, kendaraan tempur sangat penting untuk mengalahkan invasi Rusia. Moskow menyebut pengiriman senjata Barat sebagai provokasi berbahaya.

Kiev telah mendapatkan janji dari beberapa sekutu Baratnya untuk mengirim tank medan perang modern untuk membantu menangkis invasi Rusia saat Moskow meningkatkan upayanya untuk membuat kemajuan di Ukraina timur.

Negara-negara NATO lainnya, termasuk Jerman, Polandia dan Portugal, mengatakan mereka akan mengirimkan total 48 tank Leopard 2 ke Ukraina.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)