Taliban Pamer Ratusan Kendaraan Militer AS yang Ditinggalkan

Rabu, 29 Maret 2023 - 08:52 WIB
loading...
Taliban Pamer Ratusan Kendaraan Militer AS yang Ditinggalkan
Taliban pamer ratusan kendaraan militer AS yang ditinggalkan. Foto/Business Insider
A A A
KABUL - Taliban memposting ratusan kendaraan militer Amerika Serikat (AS) yang diklaim ditinggalkan dalam kekacauan penarikan pasukan di Afghanistan . Kini, kendaraan militer itu telah menjadi bagian dari pasukan Taliban.

Taliban mengklaim telah memperbaiki dan menggunakan kembali sekitar 300 kendaraan militer yang ditinggalkan oleh AS selama penarikan pasukannya yang kacau dari Afghanistan pada tahun 2021.

Dalam sebuah postingan di Twitter oleh Kementerian Pertahanan Afghanistan, deretan kendaraan digambarkan, beberapa di antaranya tampak seperti truk lapis baja yang menyerupai Humvee.



Menurut Kantor Berita Khaama mengutip media pemerintah, kendaraan-kendaraan itu sengaja dirusak oleh AS dan sekutunya selama penarikan pasukan koalisi yang tergesa-gesa dari negara itu pada April 2021, dan sekarang digunakan oleh pasukan Taliban seperti dilansir dari Business Insider, Rabu (29/3/2023).

Menurut laporan kongres tahun 2021 yang diperoleh CNN, AS meninggalkan peralatan militer senilai USD7 miliar yang telah diberikannya kepada bekas pemerintah Afghanistan dalam pertempurannya dengan pemberontak Taliban sebelum runtuh dan pendukung internasionalnya melarikan diri.

Reuters melaporkan Taliban telah menggunakan peralatan itu untuk memodernisasi pasukannya. Kelompok itu memamerkan kendaraan militer AS yang disita dalam sebuah parade di Kabul pada 2021.



Menurut BBC, pensiunan kepala Komando Pusat AS Jenderal Kenneth McKenzie mengatakan pada tahun 2021 bahwa 70 kendaraan tahan ranjau yang dilindungi dari penyergapan ditinggalkan di Afghanistan, bersama dengan 27 Humvee.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)