5 Negara dengan Warga Muslim Terbanyak yang Jadi Anggota ICC

Senin, 27 Maret 2023 - 15:43 WIB
loading...
5 Negara dengan Warga Muslim Terbanyak yang Jadi Anggota ICC
Kantor pusat ICC di Den Haag, Belanda. Foto/REUTERS
A A A
KABUL - International Criminal Court atau Pengadilan Pidana Internasional (ICC) beberapa waktu lalu mengeluarkan perintah penangkapan terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin.

Perintah tersebut dikeluarkan lantaran Putin dianggap telah melakukan kejahatan perang.

Terdapat 123 negara yang menandatangani Statuta Roma dan termasuk dalam ICC. Di antaranya adalah 33 negara Afrika, 19 negara Asia-Pasifik, 18 negara Eropa Timur, 28 negara Amerika Latin dan Karibia, serta 25 negara dari Barat Eropa dan negara-negara lain.

Berikut Negara-negara dengan Muslim Terbanyak yang Jadi Anggota ICC:

1. Bangladesh

Pada 16 September 1999, Bangladesh menandatangani Statuta Roma. Bangladesh dikenal sebagai salah satu negara dengan penduduk paling banyak di dunia, yang sebagian besar menganut agama Islam.

Saat ini, Bangladesh dihuni oleh lebih dari 172 juta penduduk. Dari jumlah tersebut, sebanyak 153,7 juta penduduk adalah Muslim.

2. Nigeria

Nigeria juga termasuk negara berpenduduk mayoritas Islam dan menjadi anggota ICC. Negara ini menandatangani Statuta Roma pada Juni 2000.

Terletak di Afrika bagian barat, Nigeria memiliki penduduk berjumlah lebih dari 222 juta orang. Sementara, populasi Muslim di negara tersebut diperkirakan mencapai hingga 103 juta penduduk.

3. Afghanistan

Afghanistan menjadi negara anggota ICC, setelah menyetujui Statuta Roma pada Februari 2003. Namun, pada 2020, Kamar Banding Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) memberi wewenang kepada Jaksa Penuntut Umum untuk membuka penyelidikan atas dugaan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang terjadi di Afghanistan.

Jumlah penduduk di negara yang terletak di selatan-tengah Asia ini mencapai 41,9 juta. Sebanyak 99,7% dari populasinya menganut agama Islam.

4. Nigeria

Sejak Juli 1998, Nigeria telah menandatangani Statuta Roma dan tercatat sebagai salah satu negara yang tergabung dalam ICC. Negara yang terkurung daratan ini terletak di bagian barat Afrika.

Nigeria merupakan salah satu negara dengan persentase Muslim terbesar, yakni 98,3% dari populasi. Saat ini, jumlah penduduk Nigeria sebanyak 26,9 juta.

5. Tunisia

Tunisia juga merupakan negara mayoritas Muslim yang menjadi anggota ICC. Negara ini diterima sebagai anggota ICC ke-116 pada Juni 2011, setelah menandatangani dan meratifikasi Statuta Roma. Tunisia, yang terletak di utara Afrika, memiliki penduduk berjumlah 12,4 juta orang.

Dari angka tersebut, sebanyak 99,8% populasi menganut agama Islam.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)