Michel Ayoub, Pria Kristen yang Rutin Bangunkan Muslim untuk Sahur Ramadan

Senin, 27 Maret 2023 - 10:33 WIB
loading...
Michel Ayoub, Pria Kristen yang Rutin Bangunkan Muslim untuk Sahur Ramadan
Michel Ayoub, pria Kristen yang rutin bangunkan warga muslim untuk makan sahur selama Ramadan di Kota Tua Acre, Israel. Foto/Haaretz
A A A
ACRE - Michel Ayoub, nama pria Kristen di lingkungan Abboud, Kota Tua Acre, Israel, ini. Saban Ramadan tiba, dia selalu membangunkan para warga muslim untuk makan sahur.

Ketika jam menunjukkan pukul 02.00 dini hari, Ayoub mengenakan pakaian tradisional Suriah dari ujung kepala hingga kaki. Dia kemudian memukul drum dengan tongkat kecil di depan pintu para warga Muslim.

Dia menarik napas dalam-dalam, lalu menabuh drum tiga kali dengan kuat dan mulai bernyanyi dalam bahasa Arab: "Kamu yang tertidur, bangunlah, nyatakan kesetiaanmu kepada Tuhan dan bangun untuk makan sahur."

Di akhir panggilan, dia menambahkan tiga ketukan drum lagi.



Aktivitasnya itu dia sebut bagian dari "masharati"—orang yang bertanggung jawab untuk membangunkan umat muslim sebelum fajar selama bulan Ramadan sehingga mereka bisa makan tepat waktu sebelum fajar. Ayoub telah melakukannya secara sukarela selama lebih dari satu dekade.

"Saya menunggu Michel setiap tahun, itu bagian dari tradisi," kata Mohammed Omar, yang mendengar suara Ayoub dari jauh dan keluar ke pintu bersama ibu dan bayinya yang berumur satu bulan.

"Ada orang yang tertidur dan tidak peduli. Dan dia memutuskan, tanpa kewajiban apa pun, untuk melakukan sesuatu yang baik seperti ini, dan itulah mengapa semua orang menghormatinya."

Tanpa kewajiban hukum, tentu saja, tetapi juga tanpa kedekatan agama.

Ayoub sebenarnya anggota keluarga Kristen yang tinggal di Makr, kota campuran Muslim-Kristen di sebelah timur Acre.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)