Geger Senjata Nuklir Rusia: Seberapa Besar dan Siapa yang Mengendalikannya?

Senin, 27 Maret 2023 - 09:40 WIB
loading...
Geger Senjata Nuklir Rusia: Seberapa Besar dan Siapa yang Mengendalikannya?
Tsar Bomba, bom nuklir terbesar di dunia saat diuji coba Uni Soviet. Senjata nuklir Rusia telah menggegerkan Uni Eropa karena akan dikerahkan ke Belarusia. Foto/National Interest
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin telah mengumumkan bahwa Rusia akan mengerahkan senjata nuklir taktis ke Belarusia, langkah yang membuat gempar Ukraina dan Uni Eropa karena merasa terancam.

Putin mengatakan pengerahan senjata nuklir ke negara sekutu Rusia itu tidak akan melanggar perjanjian nonproliferasi. Dia juga berdalih langkahnya itu sebagai respons atas keputusan Inggris yang akan memasok Ukraina dengan senjata depleted uranium.

Selain itu, kata Putin, Amerika Serikat (AS) juga sudah mengerahkan senjata serupa ke sekutu-sekutu NATO di Eropa selama beberapa dekade.



Ukraina merespons keputusan Putin dengan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk menggelar pertemuan darurat guna mengambil sikap. Sedangkan Uni Eropa marah dan mengancam akan menjatuhkan sanksi baru terhadap Belarusia.

Seberapa Besar Kekuatan Nuklir Rusia

Senjata nuklir Rusia sudah berkali-kali menjadi fokus kekhawatiran dari perang Moskow di Ukraina yang terus berkecamuk. Pihak Barat khawatir Moskow lepas kontrol dan nekat menggunakan senjata nuklir yang pada akhirnya bisa memicu Perang Dunia III.

Seberapa besar sebenarnya kekuatan senjata nuklir Moskow saat ini? Sekadar diketahui, Rusia, yang mewarisi senjata nuklir Uni Soviet, memiliki persediaan hulu ledak nuklir terbesar di dunia.

Putin mengendalikan sekitar 5.977 hulu ledak pada 2022, dibandingkan dengan 5.428 yang dikendalikan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Itu merupakan data dari Federasi Ilmuwan Amerika (FAS).

Diperkirakan 1.500 dari hulu ledak tersebut sudah pensiun (tapi mungkin masih utuh), 2.889 cadangan dan 1.588 hulu ledak strategis dikerahkan.



The Bulletin of the Atomic Scientists melaporkan sebanyak 812 hulu ledak nuklir Rusia dikerahkan pada rudal balistik darat, 576 pada rudal balistik yang diluncurkan kapal selam dan sekitar 200 dikerahkan di pangkalan pesawat pengebom berat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)