Rusia Sebar Senjata Nuklir di Belarusia, Ini Reaksi AS

Minggu, 26 Maret 2023 - 14:01 WIB
loading...
A A A
Putin tidak merinci kapan senjata itu akan dipindahkan ke Belarusia, yang berbatasan dengan tiga anggota NATO - Polandia, Lituania, dan Latvia.

"Ini adalah bagian dari permainan Putin untuk mencoba mengintimidasi NATO karena tidak ada kegunaan militer untuk melakukan ini di Belarus karena Rusia memiliki begitu banyak senjata dan pasukan di dalam Rusia," kata Hans Kristensen, direktur proyek informasi nuklir di Federasi Ilmuwan Amerika.

Kampanye Internasional untuk Menghapuskan Senjata Nuklir mengecam apa yang disebutnya eskalasi yang sangat berbahaya.

"Dalam konteks perang di Ukraina, kemungkinan salah perhitungan atau salah tafsir sangat tinggi. Berbagi senjata nuklir membuat situasinya jauh lebih buruk dan berisiko menimbulkan bencana kemanusiaan," katanya dalam sebuah tweet.

Rusia dan Belarusia memiliki hubungan militer yang erat dan Minsk mengizinkan Moskow menggunakan wilayah Belarusia untuk mengirim pasukan ke Ukraina tahun lalu. Januari ini, kedua negara meningkatkan pelatihan militer bersama.

Kiev mengatakan tidak dapat mengesampingkan serangan dari Belarusia, tetapi tidak ada cukup pasukan di sana untuk ofensif sekarang dan Lukashenko ingin pasukannya tetap keluar dari perang meskipun ada tekanan dari Moskow.



Sebagai bagian dari kesepakatan yang diumumkan oleh Putin, Rusia akan menyelesaikan pembangunan fasilitas penyimpanan senjata nuklir taktis di Belarusia pada 1 Juli.

"Kami tidak menyerahkan (senjata). Dan AS tidak menyerahkan (mereka) kepada sekutunya. Pada dasarnya kami melakukan hal yang sama yang telah mereka lakukan selama satu dekade," kata Putin.

"Mereka memiliki sekutu di negara tertentu dan mereka melatih kru mereka. Kami akan melakukan hal yang sama," terang Putin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)