Menlu Arab Saudi dan Iran akan Bertemu, Bahas Pembukaan Kedutaan Besar

Kamis, 23 Maret 2023 - 21:10 WIB
loading...
Menlu Arab Saudi dan Iran akan Bertemu, Bahas Pembukaan Kedutaan Besar
Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal Bin Farhan Al Saud. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Pangeran Faisal Bin Farhan Al Saud setuju bertemu Menlu Iran Hossein Amir Abdollahian untuk membuka jalan bagi pembukaan kembali kedutaan besar dan konsulat.

Kantor berita resmi Saudi melaporkan pada Kamis (23/3/2023) bahwa kedua menteri bertukar salam pada kesempatan bulan suci Ramadan.

Abdollahian mengatakan sebelumnya bahwa dia akan segera bertemu dengan menteri luar negeri Saudi.

Dia menambahkan Iran telah mengusulkan negara ketiga untuk menjadi tuan rumah pertemuan tersebut.



Abdollahian menegaskan Teheran dan Riyadh setuju memulihkan hubungan ke jalur normal mereka, mencatat kedua belah pihak bertukar pesan melalui Swiss, yang mengelola kepentingan Saudi di Iran.

Dia mengatakan ada kesepakatan dengan Arab Saudi untuk delegasi teknis dari kedua negara memeriksa dua kedutaan besar untuk mempersiapkan pembukaan kembali.

Arab Saudi dan Iran sepakat awal bulan ini memulihkan hubungan setelah bertahun-tahun permusuhan yang mengancam stabilitas dan keamanan di Teluk dan berkontribusi memicu konflik di negara-negara seperti Yaman dan Suriah.



“Ini datang sebagai tanggapan atas inisiatif Presiden China Xi Jinping, dan sesuai dengan kepemimpinan Kerajaan Arab Saudi dan Republik Iran, dan keinginan mereka menyelesaikan perbedaan," papar pernyataan tripartit.

Riyadh dan Teheran telah mengadakan pembicaraan langsung sejak 2021, dalam upaya menahan ketegangan dan keterasingan yang telah berlangsung selama tujuh tahun. April lalu, mereka mengadakan pembicaraan putaran kelima di Irak.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)