Arab Saudi dan UEA Tetapkan 1 Ramadan Hari Kamis

Rabu, 22 Maret 2023 - 00:58 WIB
loading...
Arab Saudi dan UEA Tetapkan 1 Ramadan Hari Kamis
Arab Saudi dan UEA tetapkan awal Ramadan jatuh pada Kamis (23/3/2023). Foto/Ilustrasi
A A A
RIYADH - Arab Saudi mengumumkan tanggal 1 Ramadan atau awal puasajatuhpada Kamis (23/3/2023).Keputusan itu diambilsetelah hilal atau bulan baru sebagai penentuan awal puasa Ramadan tidak terlihat pada Selasa malam.

Uni Emirat Arab (UEA) juga mengumumkan akan mulai menjalani puasa Ramadan pada Kamis, seperti dilaporkan kantor berita negara itu WAM yang dilansir dari Al Arabiya, Rabu (22/3/2023).

Umat Islam di seluruh dunia saat ini tengah mengamati hilal untuk menentukan awal bulan suci Ramadan. Tanggal awal bulan puasa ditentukan oleh perhitungan bulan dan penampakan fisik bulan baru.



Awal bulan Ramadan diamati oleh lebih dari 1,8 miliar Muslim di seluruh dunia dan dianggap sebagai bulan puasa dan spiritualitas. Bulan Ramadan adalah bulan dimana Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Puasa di bulan Ramadan adalah salah satu dari lima rukun Islam dan wajib bagi semua Muslim yang sehat. Namun, bagi anak kecil, orang sakit, musafir atau mereka yang tengah melakukan perjalanan, dan wanita yang sedang hamil, menyusui, atau menstruasi dikecualikan.

Mengamati hilal atau bulan baru telah dilakukan selama ribuan tahun untuk awal Ramadan serta dua hari besar dalam Islam, Idul Fitri dan Idul Adha.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)