Terlihat di Mariupol, Apa yang Dilakukan Vladimir Putin?

Selasa, 21 Maret 2023 - 16:42 WIB
loading...
Terlihat di Mariupol, Apa yang Dilakukan Vladimir Putin?
Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi Mariupol. Foto/tass
A A A
MARIUPOL - Presiden Rusia Vladimir Putin sempat mengejutkan publik karena mendadak melakukan kunjungan ke Mariupol.

Padahal, sebelumnya dia baru saja dijadikan target perintah penangkapan oleh Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

Mengutip Reuters, Selasa (21/3/2023), usai dituduh melakukan kejahatan perang, Putin justru berkunjung ke Mariupol yang diduduki Rusia.

Sebelumnya, Mariupol ini diketahui menjadi salah satu lokasi pertempuran tentara Rusia dan Ukraina. Pada akhirnya, kota tersebut berhasil jatuh ke tangan pasukan Rusia pada Mei lalu.

Lantas, apa sebenarnya yang dilakukan Putin dengan datang ke Mariupol?

Alasan Vladimir Putin Berkunjung ke Mariupol

Kunjungan Putin ke Mariupol diartikan berbeda oleh sejumlah pengamat. Pertama, aktivitas ini dinilai sebagai bentuk pembangkangan setelah ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Presiden Rusia ini.

Selain itu, pengkritik menyebut Putin ini seakan menjadi seorang “pelaku” yang kembali ke tempat kejadian perkara. Dia dianggap datang ke Mariupol untuk mengagumi kehancuran kota tersebut.

Akan tetapi, media pemerintah menyampaikan bukan itu alasan Putin untuk datang ke Mariupol. TV lokal Rusia menampilkannya kala memberi arahan kepada Wakil Perdana Menteri Khusnullin di dalam mobil.

Dalam hal ini, Putin memberi arahan secara rinci terkait pembangunan kembali perumahan yang hancur, jembatan, rumah sakit, rute transportasi, dan infrastruktur lain di kota tersebut.

Selain itu, media pemerintah juga menampilkan Presiden Rusia ini kala mengunjungi permukiman baru yang sebelumnya dibuat untuk menampung warga sekitar yang terdampak konflik.

Lebih lanjut, Putin menyambangi Mariupol usai kunjungannya ke Crimea. Dia melakukan perjalanan dengan helikopter.

Tak sampai di situ saja, Vladimir Putin bertolak ke Rostov di Rusia Selatan usai berada di Mariupol. TV pemerintah menyebut nantinya dia akan bertemu Kepala Staf Umum Tentara Rusia Valery Gerasimov.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)