Jawab Manuver Rusia di Kaukasus, Ukraina Gelar Latihan Militer

Sabtu, 18 Juli 2020 - 01:03 WIB
loading...
Jawab Manuver Rusia di Kaukasus, Ukraina Gelar Latihan Militer
Helikopter militer Rusia, Ka-52 Alligator terbang saat Parade Hari Kemenangan di Sevastopol, Crimea, 24 Juni 2020. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Ukraina akan menggelar latihan militer sebagai jawaban atas rencana latihan Rusia di Kaukasus dan jaminan pada eskalasi apapun di perbatasan timur.

Ukraina berharap negara-negara NATO dapat bergabung dalam latihan militer itu. Menteri Pertahanan (Menhan) Ukraina Andriy Taran menjelaskan pada parlemen bahwa latiha nitu termasuk penembakan anti-pesawat dan digelar pada akhir September di selatan Ukraina.

Hubungan antara Moskow dan Kiev memanas sejak 2014, saat Rusia mencaplok Crimea dari Ukraina dan mendukung pemberontak separatis di Ukraina timur yang masih aktif.

Pertempuran antara tentara Ukraina dan pasukan yang didukung Rusia telah menewaskan lebih dari 13.000 orang sejak 2014, meski kesepakatan gencatan senjata dibuat pada 2015.

“Respon asimetris ini akan menunjukkan kesiapan pasukan bersenjata Ukraian untuk memberi balasan pada upaya apapun oleh Federasi Rusia untuk memanaskan situasi atau memulai permusuhan skala besar,” ujar Taran. (Lihat Infografis: Kapal Perang AS Meledak, Harganya Rp10,9 T dan 57 Orang Terluka)

Dia menyatakan Kiev akan mengundang negara-negara NATO bergabung dalam latihan militer itu. (Lihat Video: Heboh! Pedagang Angkringan Cantik di Sragen Bikin Pembeli Gagal Fokus)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1002 seconds (0.1#10.140)