alexametrics

Separatis Menang Pemilu, Catalonia Siap Merdeka dari Spanyol

loading...
Separatis Menang Pemilu, Catalonia Siap Merdeka dari Spanyol
Massa pro-kemerdekaan Catalonia merayakan kemenangan Pemilu. Mereka ingin pisah dari Spanyol. | (Reuters)
A+ A-
BARCELONA - Kubu separatis dan kelompok pro-kemerdekaan memenangkan Pemilu parlemen di Catalonia. Dengan kemenangan itu, mereka bersiap memerdekakan Catalonia dari Spanyol.

”Catalans (warga Catalonia) telah memilih ya untuk kemerdekaan,” kata Kepala Pemerintahan Catalonia, Arthur Mas di hadapan pendukungnya.

Separatis dan kelompok pro-kemerdekaan berhasil memenangkan 72 dari 135 kursi di parlemen Catalonia. Catalonia berpenduduk sekitar 7,5 juta termasuk warga Barcelona.



Dari hasil Pemilu, kelompok separatis utama "Junts Pel Si" memenangkan 62 kursi parlemen. Sedangkan kelompok sayap kiri “CUP” yang pro-kemeredekaan Catalonia memperoleh 10 kursi.

”Itu memberi kita kekuatan besar dan legitimasi yang kuat untuk terus dengan proyek ini (proyek kemerdekaan),” ujar Arthur Mas yang disambut gembira massa pro-kemerdekaan, seperti dikutip Reuters, Senin (28/9/2015). Massa meneriakkan “di-inde-independencia” dan melambaikan bendera separatis.

Albert Llorent, seorang sopir taksi dari Barcelona yang datang untuk kemenangan Pemilu, mengatakan hasilnya bahwa kemenangan itu merupakan bagian dari sejarah. “Apa yang saya pikirkan, apa yang saya rasakan, adalah bahwa saya mungkin milik bangsa yang terbaik di dunia. Hidup Catalonia,” katanya.

Namun, Pemerintah Spanyol tidak terima dengan kehendak separatis dan kelompok pro-kemerdekaan yang ingin memisahkan Catalonia dari Spanyol. Pemerintah Spanyol bersumpah memblokir rencana memerdekakan Catalonia di pengadilan.
(mas)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak