Rusia Bantah Jet Tempurnya Tabrak dan Jatuhkan Drone MQ-9 Reaper AS

Rabu, 15 Maret 2023 - 02:54 WIB
loading...
Rusia Bantah Jet Tempurnya Tabrak dan Jatuhkan Drone MQ-9 Reaper AS
Jet tempur Su-27 Rusia dituduh tabrak dan jatuhkan drone MQ-9 Reaper Amerika Serikat saat terbang di atas Laut Hitam. Foto/Airman 1st Class William Rosado
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia membantah klaim militer Washington bahwa jet tempur Su-27 Moskow menabrak dan menjatuhkan drone MQ-9 Reaper Amerika Serikat (AS) ke Laut Hitam pada Selasa pagi.

Menurut kementerian tersebut, drone mata-mata militer Amerika itu jatuh karena manuver tajam.

“Jet tempur Rusia tidak menggunakan senjata mereka, tidak melakukan kontak dengan UAV dan kembali dengan selamat ke lapangan terbang asal mereka,” kata kementerian tersebut, seperti dikutip Reuters, Rabu (15/3/2023).



Sebelumnya, Komando Eropa (EUCOM) AS mengatakan insiden jatuhnya drone MQ-9 Reaper di Laut Hitam terjadi selama pencegatan yang tidak aman dan tidak profesional oleh dua jet tempur Su-27 Moskow.

"Platform intelijen, pengawasan, dan pengintaian beroperasi di wilayah udara internasional ketika pesawat [Rusia] mendekat," kata EUCOM dalam sebuah pernyataan yang dirilis di situs resminya.

"Salah satu Su-27 menghantam baling-baling MQ-9, sehingga operator membuang drone itu ke laut," lanjut pernyataan EUCOM.

“Beberapa kali sebelum tabrakan, Su-27 membuang bahan bakar dan terbang di depan MQ-9 dengan cara yang sembrono, tidak ramah, dan tidak profesional,” keluh EUCOM, menuduh militer Rusia kurang kompeten.

Jenderal James Hecker, komandan Angkatan Udara AS di Eropa dan Afrika, mengatakan drone itu melakukan operasi rutin di wilayah udara internasional dan insiden itu mengakibatkan "kehilangan total" sebuah MQ-9.

EUCOM mengatakan AS secara rutin mengoperasikan penerbangan drone di wilayah udara internasional untuk mendukung pertahanan dan keamanan kolektif Eropa dan mendukung tujuan nasional sekutu, mitra, dan AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)