Respons Tantangan dari Rusia dan China, Inggris Tingkatkan Pendanaan Militer

Selasa, 14 Maret 2023 - 17:51 WIB
loading...
A A A
Badan-badan intelijen Inggris telah menyatakan keprihatinan yang semakin besar tentang kekuatan militer China, aktivitas rahasia, dan otot ekonomi.

Ken McCallum, kepala agen mata-mata domestik Inggris MI5, pada bulan November mengatakan bahwa aktivitas Partai Komunis China menimbulkan tantangan strategis yang paling mengubah permainan bagi Inggris.

MI5 pada Januari 2022 mengatakan bahwa seorang pengacara yang berbasis di London telah mencoba untuk secara diam-diam ikut campur dalam politik Inggris atas nama Partai Komunis China — termasuk dengan menyalurkan uang kepada anggota parlemen oposisi dari Partai Buruh.

Kekhawatiran tentang aktivitas Beijing telah memicu kampanye pengejaran pemerintah di seluruh China, termasuk pelatihan bahasa Mandarin untuk pejabat Inggris dan dorongan untuk mengamankan sumber mineral kritis baru yang penting bagi teknologi.

Tinjauan tersebut tidak mencap China sebagai ancaman bagi Inggris, dan Sunak telah menekankan perlunya hubungan ekonomi dengan China, yang membuat jengkel anggota Partai Konservatif yang berkuasa.

"Kami meluncur menuju Perang Dingin baru," kata anggota parlemen Konservatif Tobias Ellwood, yang memimpin Komite Pertahanan House of Commons.

"Ancaman meningkat, tetapi di sini kami tetap menggunakan anggaran masa damai," ujarnya.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)