4 Pekan Berlatih Operasikan Tank Leopard, Pasukan Ukraina Siap Tempur

Selasa, 14 Maret 2023 - 02:40 WIB
loading...
4 Pekan Berlatih Operasikan Tank Leopard, Pasukan Ukraina Siap Tempur
4 Pekan Berlatih Operasikan Tank Leopard, Pasukan Ukraina Siap Tempur. FOTO/Reuters
A A A
MADRID - Puluhan tentara Ukraina pada Senin (13/3/2023) menyelesaikan pelatihan empat minggu di Spanyol tentang cara mengoperasikan tank Leopard 2A4 . Spanyol telah menjanjikan akan mengirim 6 unit tank mothballed ke Kiev pada musim semi ini.

Seperti dilaporkan Reuters, sebanyak 40 awak tank dan 15 spesialis mekanik menjalani pelatihan tentang penggunaannya di sebuah pangkalan militer di timur laut kota Zaragoza. Hal itu diungkapkan Angkatan Bersenjata Spanyol dalam sebuah pernyataan.



"Ini sangat intens," kata pelatih Spanyol Kapten Contreras - yang mengidentifikasi dirinya hanya dengan pangkat dan nama belakangnya - kepada wartawan, yang diizinkan mengakses latihan untuk pertama kalinya.

Contreras mengatakan, puluhan personel tentara Ukraina itu akan pulang "dengan pengetahuan yang sangat dapat diterima" tentang tank Leopard.

“Meskipun tank-tanknya berbeda, ada banyak sistem yang cocok dan itu membuat segalanya menjadi lebih mudah. Dengan itu, bersama dengan motivasi yang dibawa personel dan keinginan mereka untuk belajar, kami melihat mereka sangat siap untuk melanjutkan pertempuran,” jelasnya.



Salah satu tentara Ukraina yang dilatih memiliki emblem di lengan baju dengan slogan "Kebebasan atau Mati" di bawah bendera Ukraina.

Kiev telah mendapatkan janji dari beberapa sekutu Baratnya untuk mengirim tank medan perang modern untuk membantu menangkis invasi Rusia saat Moskow meningkatkan upayanya untuk membuat kemajuan di Ukraina timur.

Bulan lalu, Spanyol mengatakan akan mengirim enam tank Leopard 2A4 buatan Jerman ke Ukraina setelah mereka menjalani perbaikan, jumlah yang bisa meningkat menjadi 10.

Negara-negara NATO lainnya, termasuk Jerman, Polandia dan Portugal, mengatakan mereka akan mengirimkan total 48 tank Leopard 2 ke Ukraina.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)