Oposisi Rusia Sebut Perang Ukraina Buntu, Desak Perdamaian

Sabtu, 11 Maret 2023 - 00:29 WIB
loading...
Oposisi Rusia Sebut Perang Ukraina Buntu, Desak Perdamaian
Oposisi Rusia mendesak Moskow dan Kiev berdamai karena perang kedua negara saat ini sudah menemui jalan buntu. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Grigory Yavlinsky, seorang politisi oposisi Rusia , menyebut perang di Ukraina sudah menemui jalan buntu. Untuk itu, dia mendesak perdamaian kedua negara.

"Saya ingin gencatan senjata terjadi sebelum ribuan orang terbunuh," kata Yavlinsky kepada Newsweek dalam wawancara telepon dari Moskow, yang dilansir Jumat (10/3/2023).

Pada hari Selasa, Ukraina melaporkan bahwa lebih dari 1.000 orang Rusia telah terbunuh sehari sebelumnya, sehingga total kerugian Moskow—menurut Kiev—sejak dimulainya invasi menjadi 154.830 orang.

Yavlinsky (70) pendiri Partai Yabloko—partai liberal di Rusia—telah menyuarakan penentangannya terhadap keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menginvasi Ukraina sejak konflik dimulai Februari tahun lalu.



Dia menggambarkan perang, untuk bangsanya, sebagai "mirip dengan serangan nuklir yang dipaksakan sendiri."

Pejabat itu, yang telah dua kali mencalonkan diri melawan Putin dalam pemilihan presiden, mengatakan bahwa terlepas dari apa yang disebut "kemenangan", perang akan berakhir dengan tumpukan mayat dan tidak ada yang akan memaafkan baik Putin maupun Rusia.

Dia juga menggambarkan konflik tersebut sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan yang akan mewakili lompatan besar ke depan menuju likuidasi Rusia sebagai sebuah negara di abad ke-21.

Menjelang peringatan setahun invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina Februari lalu, Yabloko mengadakan konser maraton di bawah slogan "Katakan Ya untuk Perdamaian!" dengan 45 video diperlihatkan di mana anggota Partai Yabloko secara nasional merinci perjuangan mereka sepanjang tahun perang.

Yavlinsky memberikan pidato pembukaan, dengan mengatakan: "Hari ini, Rusia disesuaikan dengan realitas Vladimir Putin."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)