Dua Negara Uni Eropa Tawarkan Jet Tempur ke Ukraina

Jum'at, 10 Maret 2023 - 13:52 WIB
loading...
A A A
Menteri Luar Negeri Polandia Zbigniew Rau pada hari Selasa mengatakan bahwa pemerintahnya siap untuk mengerahkan seluruh armada MiG-29 negara itu ke pangkalan udara AS di Ramstein, Jerman, dari mana mereka akan dipindahkan ke Ukraina.

Namun Pentagon menolak proposal ini, mengatakan itu "tidak dapat dipertahankan".

Angkatan Udara Polandia memiliki 29 jet tempur MiG-29 dalam layanan aktif, sementara Slovakia memiliki 12 di gudang penyimpanan.

Ukraina telah berulang kali meminta bantuan jet tempur buatan Soviet dan Barat dari negara-negara NATO. Sementara blok yang dipimpin AS belum menyerah pada permintaan ini, Inggris mengumumkan bulan lalu bahwa mereka akan melatih pilot Ukraina dengan jet tempur standar NATO yang canggih, dan AS dilaporkan sedang mengevaluasi kesesuaian pilot Ukraina berlatih dengan pesawat tempur F-16 buatan AS.

Rusia berpendapat bahwa masuknya senjata Barat ke Ukraina akan memperpanjang konflik tanpa mengubah hasilnya. Pasokan jet tempur khususnya adalah "garis merah" yang akan menempatkan Barat pada "perang melawan Rusia," mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev memperingatkan pekan lalu.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)