Tuding Grup Wagner Beli Senjata dari Korut, Ini Profil John Kirby

Jum'at, 10 Maret 2023 - 13:24 WIB
loading...
Tuding Grup Wagner Beli Senjata dari Korut, Ini Profil John Kirby
Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby. Foto/The Hill
A A A
JAKARTA - John Kirby merupakan juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih yang mengatakan grup Wagner Rusia telah membeli senjata dari Korea Utara.

Kala itu dirinya mengatakan bahwa Korea Utara telah menyelesaikan pengiriman senjata awal ke Wagner yakni, roket Infanteri dan rudal ke Rusia.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa Korea Utara telah menyelesaikan pengiriman senjata awal ke Wagner dan telah menyelesaikan pembayarannya. Bulan lalu, Korea Utara mengirimkan roket infanteri dan rudal ke Rusia untuk digunakan oleh Wagner," kata Kirby kepada wartawan, dikutip dari Reuters, Jumat, (23/12/2022).

Sebelum menjabat sebagai Koordinator Komunikasi Strategis di Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Pensiunan laksamana Angkatan Laut ini telah mengalami proses yang panjang.

John Kirby atau John Francis Kirby merupakan pria kelahiran 1963 yang dibesarkan di St. Petersburg, Florida. Dia adalah lulusan dari Sekolah Menengah Katolik Saint Petersburg tahun 1981 dan lulusan tahun 1985 dari Universitas Florida Selatan di Tampa, Florida, di mana dia memperoleh gelar Sarjana Seni dalam bidang sejarah.

Selain itu Kirby juga memegang gelar Master of Science dalam hubungan internasional dari Troy University dan Master of Arts dalam keamanan nasional dan studi strategis dari Naval War College.

Sementara itu, karir militer Kirby dimulai pada tahun 1986 atau setelah dirinya menyelesaikan Sekolah Kandidat Perwira di Naval Station Newport, Rhode Island.

Diketahui Kirby mengabdikan dirinya di militer selama lebih dari 28 tahun dan pensiun dengan pangkat Laksamana Muda. Karir Angkatan Lautnya mencakup tugas di laut dan darat, termasuk penempatannya ke Timur Tengah dan Mediterania.

Jabatan terakhir Kirby saat menjadi personil militer adalah sebagai juru bicara utama dari Departemen Angkatan Laut.

Setelah pensiun dari dunia militer, Kirby masuk di lembaga pemerintahan pertama dengan menjadi Sekretaris Pers Pentagon yang dimulai pada Desember 2013 hingga Februari 2015.

Kemudian pada tahun 2015-2017, dirinya kembali diangkat oleh Obama sebagai juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat yang sekaligus merangkap menjadi Asisten Sekretaris Negara untuk urusan publik.

Pada era pemerintahan Joe Biden, Kirby kemudian ditunjuk kembali sebagai Asisten Sekretaris Pertahanan untuk urusan Publik yang sekaligus juga merangkap sebagai Sekretaris Pers Pentagon dengan masa jabatan 2021-2022.

Pada 28 Mei 2022 Kirby kemudian diangkat menjadi Koordinator Dewan Keamanan Nasional untuk Komunikasi Strategis. Jabatan inilah yang mengantarkannya ke media Internasional.

Sepanjang karirnya, John Kirby telah dianugerahi sederet penghargaan seperti Navy Distinguished Service Medal , Defense Superior Service Medal , Legion of Merit, empat penghargaan Meritorious Service Medal.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0962 seconds (0.1#10.140)