4 Tragedi Pengeboman Salat Jumat Paling Tragis di Dunia, Mayoritas di Afghanistan

Jum'at, 10 Maret 2023 - 13:19 WIB
loading...
4 Tragedi Pengeboman Salat Jumat Paling Tragis di Dunia, Mayoritas di Afghanistan
4 tragedi pengeboman saat salat Jumat paling tragis di dunia. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat kasus pengeboman masjid saat Sholat Jumat di dunia sepanjang tahun 2022. Kebanyakan kasus ini terjadi di negara bergejolak tepatnya di Afghanistan.

Banyak yang menduga bahwa kasus pengeboman saat Sholat Jumat ini dilakukan oleh kelompok ekstrimis ISIS. Telah banyak korban yang berjatuhan dalam peristiwa mengerikan tersebut.

Berikut ini empat tragedi pengeboman Sholat Jumat paling tragis sepanjang tahun 2022 :

1. Pengeboman Masjid Peshawar - Pakistan

Dilansir dari BBC, pada Maret 2022 lalu terjadi kasus pengeboman masjid di kota Pesharwar, Pakistan yang telah menewaskan sedikitnya 56 orang.

Terdapat lebih dari 190 orang luka luka dalam dugaan pengeboman bunuh diri di masjid Syiah saat Sholat Jumat diadakan.

Insiden bermula ketika terdapat dua orang bersenjata yang tiba tiba menembak polisi di luar masjid. Seorang polisi tewas dalam baku tembak itu. Penyerang kemudian lari ke masjid dan meledakkkan bom.

2. Pengeboman Masjid Kabul - Afghanistan

Ledakan bom saat Sholat Jumat selanjutnya kembali muncul di waktu yang berdekatan pada April 2022. Pengeboman terjadi di Masjid Ibu Kota Afghanistan, Kabul.

Menurut VOA News, Pejabat pemerintah Taliban yang berkuasa mengkonfirmasi jumlah korban tewas setidaknya 10 orang. Namun Sayed Fazil Agha, imam shalat di Masjid Khalifa Sahib, mengatakan terdapat lebih dari 50 jemaah telah tewas.

Ledakan itu dilaporkan merusak atap masjid, yang ambruk menimpa jemaah. Kasus ini menyusul serentetan pemboman masjid dan sekolah Afghanistan selama bulan suci Ramadhan, yang telah menewaskan puluhan orang.

3. Pengeboman Masjid Kunduz - Afghanistan

Seminggu sebelum terjadi pengeboman Sholat Jumat di Kabul, lebih dulu terjadi ledakan di Utara Afganistan, tepatnya di Kota Kunduz.

Sebuah serangan bom di sebuah masjid Sunni di kota Kunduz di Afghanistan telah menewaskan 33 orang dan melukai 43 lainnya, termasuk anak-anak, ungkap para pejabat.

Serangan ini adalah yang ke dua terhadap masjid Mawlawi Sekandar Sufi dalam beberapa minggu terakhir. Sebelumnya sempat terjadi pengeboman pada hari Kamis di masjid Muslim Syiah di Mazar i Sharif, menewaskan sedikitnya 31 orang dan melukai 87 lainnya.

Serangan tersebut didalangi oleh ISIS sebagai bentuk pembalasan kematian mantan pemimpin dan juru bicara mereka.

4. Pengeboman Masjid Herat - Afghanistan

Beberapa bulan kemudian tepatnya pada September 2022, kembali terjadi kasus pengeboman ketika Sholat Jumat di Herat, Afghanistan.

Mengutip dari Al Jazeera, sebuah ledakan di Masjid Guzargah tersebut diketahui telah menewaskan 18 orang dan 23 diantaranya luka luka.

Pengeboman ini diduga merupakan serangan dari kelompok ISIL. Ekstrimis Islam tersebut telah melancarkan beberapa serangan bunuh diri selama salat Jumat dengan fokus menargetkan Muslim Syiah.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)