Australia Akan Beli 5 Kapal Selam Nuklir Amerika Serikat

Kamis, 09 Maret 2023 - 15:22 WIB
loading...
A A A


Sementara itu, surat kabar Guardian di Inggris—yang mengutip sumber yang tak disebutkan namanya—melaporkan pada hari Rabu bahwa Inggris telah berhasil dalam upayanya untuk menjual kapal selam nuklir rancangan Inggris ke Australia. "Sunak bersemangat tentang hal itu ketika dia memberi tahu para menteri," tulis surat kabar tersebut.

Laporan itu menunjukkan bahwa kapal selam kelas Virginia dari AS akan menjadi "stop-gap" sementara Australia dan Inggris bekerja sama dalam desain untuk kapal selam generasi berikutnya dari kapal kelas Astute yang ada, mencatat bahwa kompleksitas tugas berarti itu mungkin tidak siap sampai tahun 2040-an.

Pentagon merujuk pertanyaan ke Gedung Putih, yang menolak untuk mengonfirmasi detail tentang pengumuman yang akan datang. Kedutaan Inggris di Washington DC tidak mengomentari langsung laporan Reuters tetapi mengulangi pengumuman dari London bahwa Sunak akan melakukan perjalanan ke AS untuk pembicaraan lebih lanjut tentang AUKUS.

Di bawah kesepakatan AUKUS awal, AS dan Inggris setuju untuk memberi Australia teknologi dan kemampuan untuk mengerahkan kapal selam bertenaga nuklir.

Saat ini, tidak ada pihak dalam Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir (NPT) selain lima negara yang diakui perjanjian itu sebagai negara bersenjata nuklir—China, Prancis, Rusia, Inggris, dan AS—yang memiliki kapal selam nuklir.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)