3 Presiden China dengan Jabatan Terlama, Nomor Terakhir Pernah Jadi Buruh Kasar

Rabu, 08 Maret 2023 - 11:01 WIB
loading...
A A A
Sejumlah jabatan pernah diembannya, seperti Sekretariat Komite Sentral dan Sekolah Partai Pusat CPC pada 1993, Wakil Presiden China pada 1998, dan Sekretaris Jenderal CPC pada 2002.

Hingga pada 2003, Hu Jintao menjadi Presiden China. Di bawah kepemimpinannya, ia mengusung prinsip peaceful development ketika menjalankan hubungan luar negeri.

Hu lebih sering memperlihatkan diri sebagai pemimpin China garis keras pada berbagai aspek.

3. Xi Jinping

Xi Jinping merupakan presiden China saat ini. Kepemimpinannya telah berlangsung 10 tahun. Ia lahir di Fuping, Provinsi Shaanxi, 15 Juni 1953. Xi Jinping merupakan putra dari Xi Zhongxun.

3 Presiden China dengan Jabatan Terlama, Nomor Terakhir Pernah Jadi Buruh Kasar


Xi Zhongxun pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri China serta merupakan teman seperjuangan Mao Zedong. Masa kecil Xi Jinping dihabiskan dengan kemewahan.

Namun Xi Jinping dikirim ke pedesaan pada 1969 lantaran banyak orang yang tidak menyukai sang ayah. Enam tahun menetap di pedesaan Provinsi Shaanxi, ia bekerja sebagai buruh kasar.

Pada 1974, Xi Jinping dipercaya menjadi anggota partai serta sekretaris cabang. Ia menamatkan kuliahnya di Universitas Tsinghua.

Setelah lulus, ia menjadi Sekretaris Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan China. Xi Jinping pun pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris CPC. Ia lalu memilih pindah dari Beijing ke Hebei.

Kariernya pun makin melesat hingga Xi Jinping menjadi wakil sekretaris partai di tingkat provinsi pada 1995. Xi Jinping pertama kali menjabat sebagai presiden pada 2013.

Di bawah kepemimpinannya, China semakin tegas dalam urusan internasional. Selain itu, ia juga berhasil menangani korupsi pemerintah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)