Spanyol Desak AS Angkut Tanah Tempat 4 Bom Hidrogen Dijatuhkan Pesawat B-52

Selasa, 07 Maret 2023 - 10:24 WIB
loading...
Spanyol Desak AS Angkut Tanah Tempat 4 Bom Hidrogen Dijatuhkan Pesawat B-52
Spanyol desak AS angkut tanah tempat 4 bom hidrogen dijatuhkan pesawat B-52 hampir 60 tahun silam. Foto/Bettmann/Bettmann Archive
A A A
MADRID - Hampir 60 tahun silam, pesawat pengebom B-52 Amerika Serikat (AS) menjatuhkan empat bom hidrogen di tenggara Spanyol setelah tabrakan dengan pesawat tanker militer Amerika.

Sekarang, Madrid minta Washington mengangkut puluhan ribu meter kubik tanah yang tercemar senjata nuklir tersebut ke Amerika untuk diamankan.

Sumber di Kementerian Luar Negeri Spanyol mengonfirmasi pada hari Senin bahwa mereka telah secara resmi meminta AS mengambil tindakan untuk menghilangkan radioaktif tanah.

Permintaan tersebut sejalan dengan kesepakatan tidak mengikat yang dicapai antara kedua negara pada tahun 2015 dan yang mencakup komitmen AS untuk mengatur pembuangan tanah yang terkontaminasi di lokasi yang tepat di Amerika Serikat.



Karena AS belum menanggapi secara resmi, sumber tersebut menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut.

El PaĂ­s, surat kabar Spanyol yang pertama kali melaporkan berita itu, menyebutkan permintaan itu telah diajukan beberapa bulan lalu. Pemerintah AS tidak menanggapi permintaan komentar.

Tuntutan itu adalah babak terbaru dalam kisah yang ditelusuri kembali ke Januari 1966 ketika sebuah pesawat pengebom B-52 AS yang sarat dengan senjata nuklir bertabrakan dengan sebuah pesawat tanker selama operasi pengisian bahan bakar udara di lepas pantai Almeria, Spanyol. Tujuh dari 11 awak pesawat tewas.

Empat bom hidrogen jatuh dari B-52; satu kemudian ditemukan utuh di Mediterania sementara tiga lainnya jatuh di darat dekat desa pesisir Palomares.

Meskipun bom tidak meledak, dua detonator berisi plutonium meledak, menyebarkan 7 pon plutonium-239 radioaktif ke seluruh lanskap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)