Australia Janji Lindungi Mahkota Permata Rahasia Penting Nuklir AS

Sabtu, 04 Maret 2023 - 00:01 WIB
loading...
A A A
Dia menyatakan Washington berkomitmen melengkapi kemampuan baru ke Australia "sesegera mungkin".

Pada saat itu, Menhan Australia Richard Marles berbicara tentang "rasa misi bersama yang sangat besar" antara ketiga sekutu.

Dia juga mencatat AS jarang berbagi teknologi nuklirnya, bahkan dengan mitra dekatnya.

Ditanya tentang tindakan pencegahan yang akan diambil Australia untuk melindungi informasi sensitif mengingat kurangnya industri propulsi nuklir dalam negeri, Marles mengatakan pada Jumat bahwa teknologi tersebut akan disimpan dengan "tingkat keamanan tertinggi".

“Dalam waktu singkat kami akan mengumumkan jalur optimal bagi Australia untuk memperoleh kemampuan kapal selam bertenaga nuklir, dan menjadi pelayan nuklir dalam konteks ini adalah bagian yang sangat penting dari pengumuman itu,” ungkap dia kepada wartawan.

Dia menambahkan, “Itu memang melibatkan penguatan keamanan yang sangat signifikan dalam arti fisik, dengan bangunan dan pagar dan sejenisnya, tetapi juga dalam arti IT.”

Pakta AUKUS trilateral mendapat kecaman dari Rusia dan China. Bulan lalu, para pejabat di Beijing mengecam kesepakatan yang mempromosikan “proliferasi nuklir” di kawasan Indo-Pasifik.

Rusia telah menggemakan keprihatinan serupa, memperingatkan AS, Inggris, dan Australia akan segera menjadi “aliansi politik-militer” dan berupaya memicu konflik baru di Asia.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)