Pemberontakan Taiping, Ambisi Hong Xiuquan yang Mengaku Adik Yesus untuk Menguasai China

Kamis, 02 Maret 2023 - 15:59 WIB
loading...
Pemberontakan Taiping, Ambisi Hong Xiuquan yang Mengaku Adik Yesus untuk Menguasai China
Pemberontakan Taiping, ambisi Hong Xiuquan yang mengaku adik Yesus untuk menguasai China. Foto/CEPR
A A A
JAKARTA - Pemberontakan Taiping merupakan salah satu satu bentuk pergolakan besar yang terjadi saat era kekuasaan dinasti Qing (Manchu) di China.

Pemberontakan besar ini terjadi pada tahun 1850 hingga 1864. Meski pada akhirnya menemui kegagalan, namun tercatat 20 juta orang menjadi korban jiwanya.

Mengutip laman China Project, Kamis (2/3/2023), Pemberontakan Taiping dipimpin oleh seorang bernama Hong Xiuquan. Dia memproklamirkan dirinya sebagai adik laki-laki dari Yesus.

Dalam riwayatnya, Hong lahir di dekat Guangzhou pada tahun 1814. Dia adalah seorang Hakka, etnis minoritas di negaranya. Saat berusia 20 tahun, dia sempat mengikuti ujian pegawai negeri beberapa kali, namun selalu gagal.

Saat gagal untuk ketiga kalinya, dia tampak berputus asa dan kelelahan. Saat pulang, dia diberikan sebuah pamflet Kristen dari orang yang tak dikenalnya. Tak langsung membacanya, Hong memilih menyimpannya.

Saat tiba di rumah, Hong tampak kelelahan dan sakit demam. Saat tidur, dia mengaku bermimpi telah dikirim dalam misi heroik untuk membebaskan rakyatnya dari penindasan. Dalam mimpinya, ada setan, dewa, dan sosok ayah berjanggut yang mengirimkannya ke misi tersebut.

Setelah terbangun dari mimpinya, dia membaca pamflet Kristen yang diberikan orang misterius sebelumnya. Saat itu juga, dia meyakini bahwa mimpinya memiliki hubungan dengan dunia nyata. Setan di mimpi digambarkan sebagai dinasti Manchu yang telah lama memerintah Tiongkok.

Kemudian, sosok ayah berjanggut adalah Tuhan, sementara dewa yang memberinya senjata untuk pertempuran adalah kakak laki-lakinya yang dianggap sebagai Yesus.

Pada akhirnya, Hong mencoba mengikuti instruksi dari ayah dalam mimpinya. Segera dia menuju pegunungan Guangxi dan bergabung dengan komunitas kecil bernama ‘Penyembah Tuhan’.

Dalam waktu singkat, sosoknya yang karismatik bisa memikat banyak orang. Seiring waktu, gerakannya berkembang pesat. Tercatat, sekitar puluhan ribu orang bergabung dengan gerakan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)