Erdogan: Gempa Dahsyat Sebabkan 500 Ribu Warga Turki Kehilangan Tempat Tinggal

Rabu, 01 Maret 2023 - 16:40 WIB
loading...
Erdogan: Gempa Dahsyat Sebabkan 500 Ribu Warga Turki Kehilangan Tempat Tinggal
Erdogan: Gempa Dahsyat Sebabkan 500 Ribu Warga Turki Kehilangan Tempat Tinggal. FOTO/Reuters
A A A
ANKARA - Sekitar setengah juta orang kehilangan tempat tinggal di provinsi Kahramanmaras yang menderita akibat gempa dahsyat di tenggara negara itu. Hal itu diungkapkan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan pada konferensi pers, Selasa (28/2/2023).

"Kami terus mendirikan kota tenda dan kota kontainer pengiriman dalam upaya untuk memenuhi permintaan masyarakat kami akan perumahan. Saat ini kami menyediakan tempat berlindung bagi 461.000 orang di tenda, gedung umum, asrama, sekolah, dan tempat lain di seluruh Kahramanmaras," kata Erdogan, seperti dikutip dari TASS.



Menurutnya, proses renovasi kota akan dipercepat untuk sekali dan selamanya meninggalkan waktu ketika orang terjebak di bawah puing-puing bangunan yang runtuh. Erdogan menegaskan kembali rencana pemerintah untuk menyediakan perumahan baru dalam waktu satu tahun bagi masyarakat yang tinggal di provinsi yang dilanda gempa.

"Dengan selesainya kegiatan pembersihan puing-puing, kami memulai rekonstruksi dan kebangkitan wilayah kami," kata Erdogan. “Dalam beberapa bulan, kami memulai pembangunan 309.000 rumah, termasuk rumah desa, di seluruh zona gempa,” imbuhnya.

Pada 6 Februari, gempa berkekuatan 7,7 dan 7,6 melanda 11 provinsi – Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Elazig, Hatay, Gaziantep, Kahramanmaras, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa. Lebih dari 13 juta orang di Türkiye terkena dampak gempa dahsyat, serta banyak orang di barat laut Suriah.

Erdogan menegaskan kembali bahwa para ilmuwan menyebut bencana itu sebagai "peristiwa alam yang luar biasa".



"Sementara kami menghidupkan kembali provinsi, kabupaten, dan desa di wilayah yang dilanda gempa, kami akan segera mengubah bagian lain negara kami yang menghadapi ancaman yang sama," katanya.

Presiden juga memperingatkan masyarakat bahwa gempa susulan masih berlanjut dan meminta mereka untuk menghindari bangunan yang rusak, menambahkan: "Kami berharap warga kami lebih berhati-hati dalam hal ini."

Erdogan menekankan bahwa pemerintah sedang mengambil langkah-langkah untuk mengurangi beban keuangan korban gempa sesegera mungkin. "Mulai hari ini, kami mulai membayar 15.000 lira Turki (USD794) kepada korban gempa kami yang sedang mengungsi," katanya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)