Kepala Intelijen Ukraina Tak Melihat Tanda China Berniat Persenjatai Rusia

Rabu, 01 Maret 2023 - 16:00 WIB
loading...
Kepala Intelijen Ukraina Tak Melihat Tanda China Berniat Persenjatai Rusia
Kepala Intelijen Ukraina Tak Melihat Tanda China Berniat Persenjatai Rusia. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Kepala intelijen militer Ukraina , Kyrylo Budanov, menepis klaim bahwa China sedang mempertimbangkan untuk memberikan senjata ke Rusia. Ia mengatakan kepada media Amerika Serikat (AS) bahwa dia tidak melihat "tanda-tanda bahwa hal-hal seperti itu bahkan sedang dibahas".

Sebelumnya, pejabat senior AS mengatakan baru-baru ini, bahwa mereka "yakin" China sedang mempertimbangkan pasokan peralatan mematikan ke Moskow, dengan kampanye tekanan diplomatik sedang dilakukan untuk mencegahnya melakukannya.



Tetapi ketika ditanya tentang kemungkinan itu dalam wawancara panjang dengan Voice of America yang diterbitkan pada hari Senin, Budanov menegaskan tidak setuju dengan pendapat tersebut.

“Sampai sekarang, saya kira China tidak akan menyetujui transfer senjata ke Rusia,” katanya. "Saya tidak melihat tanda-tanda bahwa hal-hal seperti itu bahkan sedang dibahas," lanjut Budanov, seperti dikutip dari AFP.

Awal bulan ini, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyiarkan kekhawatiran Washington tentang potensi pengiriman senjata dalam pertemuan yang menegangkan dengan timpalannya dari China, dan direktur CIA mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari Minggu bahwa dia yakin Beijing masih mempertimbangkan kemungkinan tersebut.

Selama kunjungan ke Kazakhstan, Blinken kembali mengatakan bahwa China harus mengetahui “implikasi dan konsekuensi” dari membantu Rusia di front militer. “China tidak bisa mendapatkan keduanya ketika menyangkut agresi Rusia di Ukraina,” kata Blinken kepada wartawan.



“Tidak mungkin mengajukan proposal perdamaian di satu sisi sambil benar-benar mengobarkan api yang telah dimulai Rusia,” katanya, merujuk pada proposal baru-baru ini oleh Beijing untuk negosiasi.

Laporan media mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan China sedang memutuskan apakah akan memberikan drone dan amunisi tertentu ke Rusia.

Ditanya secara khusus tentang penilaian AS, Budanov berkata: “Saya adalah kepala intelijen dan saya mengandalkan, dengan segala hormat, bukan pada pendapat individu, tetapi hanya pada fakta. Saya tidak melihat fakta seperti itu.”
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)