Ukraina Lancarkan Serangan Balik, Zelensky Klaim 800 Tentara Rusia Tewas

Rabu, 01 Maret 2023 - 08:17 WIB
loading...
A A A


Pertempuran juga berlanjut di sepanjang perbatasan utara Ukraina di wilayah Kharkiv, termasuk laporan pasukan Rusia yang "gagal" melancarkan serangan di daerah itu pada Senin. Menurut pidato Zelensky, komandan pasukan gabungan Ukraina Serhiy Nayev mengatakan bahwa Kiev "mengendalikan situasi".

Menurut Letnan Jenderal Amerika Serikat (AS) Douglas Sims II, yang berbicara di depan Komite Angkatan Bersenjata DPR pada hari Selasa, pertempuran sengit di seluruh Ukraina dapat digambarkan sebagai pengingat pertempuran tipe Perang Dunia I.

Sims, direktur operasi untuk Staf Gabungan, mengatakan dalam kesaksiannya mengenai pengawasan bantuan militer AS ke Ukraina bahwa pertempuran antara Moskow dan Kiev telah menjadi "statis." Ia menambahkan bahwa kedua belah pihak melihat "perubahan minimal di wilayah" meskipun jumlah artileri yang intens.

Sementara kedua belah pihak juga menghadapi sejumlah besar korban, pejabat Ukraina memperkirakan kerugian Rusia mendekati 149.240 sejak dimulainya perang, termasuk sekitar 48.440 tentara dalam 69 hari terakhir.

Kerugian Ukraina diperkirakan sekitar 100.000 pada Januari. Sebuah situs web Turki mengklaim pada awal bulan bahwa jumlah korban Kiev mencapai lebih dari 150.000, tetapi Newsweek tidak dapat memverifikasi laporan tersebut.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)