Takut Jadi Korban Rudal Rusia, Maskapai Eropa Hentikan Penerbangan ke Moldova

Rabu, 01 Maret 2023 - 05:11 WIB
loading...
Takut Jadi Korban Rudal Rusia, Maskapai Eropa Hentikan Penerbangan ke Moldova
Wizz Air, maskapai Eropa memutuskan untuk menghentikan penerbangan ke Moldova karena takut menjadi korban serangan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
BUDAPEST - Wizz Air, sebuah maskapai penerbangan Eropa memutuskan untuk menghentikan penerbangan di atas Moldova karena takut menjadi korban rudal Rusia .

Keputusan ini diambil beberapa hari setelah rencana Rusia untuk menghancurkan negara kecil tetangga Ukraina itu terungkap.

Ketegangan antara Moldova—negara kecil di Eropa timur dengan hanya 2,6 juta penduduk—dan Rusia baru-baru ini meningkat, di mana rudal Moskow ditembakkan di atas wilayah udara negara itu pada awal Februari lalu.

Selama invasi Rusia ke Ukraina selama setahun, Moldova yang pro-Eropa, yang terletak antara Ukraina dan Rumania, telah dihujani puing-puing dan telah menutup wilayah udaranya sendiri karena konflik di dekatnya beberapa kali.

Baca juga: Gara-gara Tembakan Rudal Rusia, PM Moldova Mengundurkan Diri


Itu juga dipengaruhi oleh pemadaman listrik sebagai akibat dari Ukraina menghentikan ekspor listrik setelah menjadi sasaran serangan udara dari Moskow.

Sekarang, Wizz Air—maskapai murah milik Hongaria—telah mengumumkan tidak akan lagi terbang ke dan dari Ibu Kota Moldova, Chisinau, mulai 14 Maret karena situasi keamanan yang memburuk.

"Keselamatan penumpang dan awak tetap menjadi prioritas nomor satu Wizz Air," kata maskapai itu dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip news.com.au, Rabu (1/3/2023).

“Mengikuti perkembangan terakhir di Moldova dan risiko yang meningkat, tetapi tidak akan terjadi, di wilayah udara negara, Wizz Air telah membuat keputusan yang sulit namun bertanggung jawab untuk menangguhkan semua penerbangan ke [Ibu Kota Moldova] Chisinau mulai 14 Maret.”

Kementerian infrastruktur terkait membalas langkah Wizz Air, bersikeras penerbangan dapat dilakukan dengan aman.

Namun, pengumuman besar datang ini hanya beberapa minggu setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada KTT Uni Eropa bahwa Kiev telah mengintersepsi rencana penghancuran Moldova oleh intelijen Rusia.

“Dokumen ini menunjukkan siapa, kapan, dan bagaimana akan menghancurkan [negara] demokrasi Moldova dan membangun kendali atas Moldova,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)