Gara-gara Tes DNA Ibunya Dibagikan Online, Pria Ini Kaget Miliki 1.000 Kerabat Tiri

Rabu, 01 Maret 2023 - 04:40 WIB
loading...
A A A
"Tentu saja saya kaget dan bahkan sedikit kesal sehingga menjawab untuk mengatakan bahwa saya yakin itu tidak terjadi, karena kesehatan ayah saya buruk setelah Perang Dunia II," kata Barbara Nunn.

Dia mengambil tes lain, dan mendapatkan hasil yang sama, dan mulai menemukan lebih banyak saudara dari donor sperma. Dia bilang dia merasa "terkejut dan tidak percaya".

"Memiliki (banyak saudara) telah menantang untuk berbagi berita ini dengan keluarga yang sekarang sama sekali tidak terkait secara biologis tetapi saya sangat beruntung karena, tidak seperti beberapa orang yang menganggap mereka dikandung (wanita penerima) donor (sperma), saya telah diyakinkan akan cinta mereka yang berkelanjutan,” katanya.

Dia menemukan lebih banyak saudara tiri, dan mengetahui tentang Wiesner dan Barton.

Sekarang dia berbicara dan bertemu secara teratur dengan lebih dari 50 orang yang berbagi Wiesner sebagai ayah biologis.

Apa yang Wiesner lakukan sekarang tidak akan diizinkan secara hukum di Australia, atau di sebagian besar negara. Negara bagian dan teritori memiliki batasan jumlah keluarga yang boleh dibuat oleh donor sperma—biasanya lima atau 10.

Namun ada peningkatan donasi sperma informal, menggunakan situs media sosial seperti Facebook. Penerima, kebanyakan wanita lajang dan pasangan sesama jenis, meninggalkan industri klinis yang diatur demi menemukan donor online.

Di atas risiko yang melekat untuk keluar dari sistem formal adalah potensi trauma yang disebabkan oleh orang-orang yang dikandung donor. Badan puncak nasional, Donor Conceived Australia, mengatakan "menyesalkan" bagi orang-orang untuk mengetahui bahwa mereka memiliki banyak saudara kandung—situasi yang dapat terjadi dalam sistem formal, tetapi lebih mudah di luarnya.

Bagi Barbara Nunn, masalah terpenting adalah hak untuk tahu.

“DNA tidak mengizinkan kebohongan. Kebenaran harus dibagikan,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)