China Desak Terwujudnya Solusi Damai untuk Konflik Ukraina

Selasa, 28 Februari 2023 - 06:00 WIB
loading...
China Desak Terwujudnya Solusi Damai untuk Konflik Ukraina
China Desak Terwujudnya Solusi Damai untuk Konflik Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - China mengatakan pihaknya mencari dialog dan solusi damai untuk Ukraina , meskipun Amerika Serikat (AS) memperingatkan bahwa Beijing mungkin mempertimbangkan pasokan senjata untuk invasi sekutunya, Rusia.

China, yang mendeklarasikan aliansi "tanpa batas" dengan Rusia sesaat sebelum invasi setahun lalu, telah menolak untuk mengutuk serangan tersebut. Pekan lalu, China menerbitkan rencana 12 poin yang menyerukan gencatan senjata dan de-eskalasi bertahap oleh kedua belah pihak.



Kementerian Luar Negeri China mengatakan, telah melakukan kontak dengan semua pihak dalam krisis, termasuk dengan Kiev dan posisinya jelas.

"Intinya adalah untuk menyerukan perdamaian dan mempromosikan dialog dan mempromosikan solusi politik untuk krisis ini," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning dalam jumpa pers di Beijing, seperti dikutip dari Reuters, Senin (27/2/2023).

Sementara itu, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan, rencana China harus dianalisis secara rinci dan mempertimbangkan kepentingan semua pihak. Tetapi untuk saat ini, Moskow tidak melihat tanda-tanda yang menunjukkan resolusi damai dapat dilakukan.

"Kami sangat memperhatikan rencana teman-teman China kami. Ini adalah proses yang sangat panjang dan intens," kata Peskov kepada wartawan.



Proposal China telah memotong sedikit es di antara pendukung aliansi militer NATO Ukraina, yang mengatakan mereka mencoba untuk menghalangi China dari memasok bantuan mematikan untuk invasi lamban Rusia, mungkin termasuk drone "kamikaze".

Pasukan Moskow mengalami kerugian besar dalam perang parit saat mereka berjuang untuk mendapatkan keuntungan lebih lanjut di Ukraina timur, sementara Kiev mengincar serangan balasan dengan senjata canggih Barat, termasuk tank tempur, yang dijanjikan selama beberapa bulan mendatang.

Direktur CIA William Burns mengatakan pada akhir pekan badan intelijen AS percaya Beijing sedang mempertimbangkan bantuan militer ke Rusia meskipun belum mencapai keputusan akhir.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)