Netanyahu Tetap Akan Lanjutkan Pembangunan Permukiman Yahudi di Tepi Barat

Senin, 27 Februari 2023 - 23:15 WIB
loading...
Netanyahu Tetap Akan Lanjutkan Pembangunan Permukiman Yahudi di Tepi Barat
Netanyahu Tetap Akan Lanjutkan Pembangunan Permukiman Yahudi di Tepi Barat. FOTO/Anadolu Agency
A A A
YERUSALEM - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, tidak akan ada perubahan dalam rencana untuk membangun permukiman ilegal Yahudi di Tepi Barat yang diduduki.

Pernyataan Netanyahu datang setelah pertemuan yang diadakan di Aqaba, Yordania pada Minggu (26/2/2023), dengan partisipasi Palestina, Israel, Yordania, Amerika Serikat (AS), dan Mesir.



Perdana menteri Israel membantah laporan oleh media Israel bahwa setelah pertemuan tersebut, Israel memutuskan untuk membekukan pembangunan permukiman baru di Tepi Barat selama empat bulan.

“Pembangunan dan penataan di Yudea dan Samaria (nama Yahudi untuk Tepi Barat) akan berlanjut sesuai perencanaan dan jadwal awal tanpa ada perubahan. Tidak ada dan tidak akan ada pembekuan," cuit Netanyahu, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Yordania menerbitkan pernyataan penutupan pertemuan keamanan di Aqaba.

"Pemerintah Israel dan Otoritas Nasional Palestina mengkonfirmasi kesiapan dan komitmen bersama mereka untuk segera bekerja mengakhiri tindakan sepihak untuk jangka waktu 3-6 bulan," sebut pernyataan Kemenlu Yordania.



“Ini termasuk komitmen Israel untuk menghentikan pembahasan unit permukiman baru selama 4 bulan dan menghentikan otorisasi pos terdepan selama 6 bulan,” tambah pernyataan itu.

Pertemuan di kota Aqaba diminta oleh AS, Mesir, dan Yordania untuk membahas ketegangan yang meningkat antara delegasi Palestina dan Israel.

Pertemuan Aqaba adalah yang pertama dari jenisnya sejak pembicaraan damai yang disponsori AS antara para delegasi gagal pada tahun 2014 karena penolakan Israel untuk menghentikan pembangunan pemukiman dan membebaskan warga Palestina yang dipenjara sebelum tahun 1993.

Pertemuan itu terjadi di tengah ketegangan di wilayah pendudukan menyusul serangan militer Israel ke kota-kota Palestina. Setidaknya 62 warga Palestina tewas oleh tembakan tentara Israel di Tepi Barat sejak awal tahun ini, menurut angka Palestina.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)