Pasukan Rusia Tembak Jatuh 3 Pesawat Tempur Ukraina

Minggu, 26 Februari 2023 - 03:30 WIB
loading...
Pasukan Rusia Tembak Jatuh 3 Pesawat Tempur Ukraina
Pasukan Rusia Tembak Jatuh 3 Pesawat Tempur Ukraina. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Pasukan Rusia menembak jatuh tiga pesawat tempur Ukraina selama beberapa hari terakhir. Hal itu diungkapkan Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Letnan Jenderal Igor Konashenkov, Sabtu (25/2/2023).

"Pesawat tempur Angkatan Udara Rusia menembak jatuh pesawat Su-24 dan MiG-29 Angkatan Udara Ukraina di daerah dekat pemukiman Rozovka dan Dmitrov di Republik Rakyat Donetsk. Di daerah pemukiman Tyaginka di Wilayah Kherson, udara kemampuan pertahanan menembak jatuh pesawat Su-25 Ukraina," kata Konashenkov, seperti dikutip dari TASS.



Menurutnya, pasukan pertahanan udara Rusia juga menghancurkan delapan kendaraan udara tak berawak Ukraina, dua roket HIMARS dan tiga rudal balistik Tochka-U selama 24 jam terakhir.

“Pasukan Rusia juga menimbulkan kerusakan pada tenaga dan peralatan Ukraina di daerah Kupyansk, menghilangkan sekitar 60 tentara musuh selama beberapa hari terakhir,” jelas Konashenkov.

Konashenkov menjelaskan, di daerah Kupyansk, penerbangan tentara dan artileri dari kelompok tempur barat menimbulkan kerusakan pada unit musuh di daerah dekat pemukiman Masyutovka dan Ivanovka di Wilayah Kharkov dan Novosyolovskoye di Republik Rakyat Lugansk.

Menurut sang Jenderal, serangan itu melenyapkan tenaga dan peralatan musuh. “Tentara Ukraina kehilangan 60 personel, tiga truk pikap, sistem artileri M777 buatan AS, dan senjata artileri self-propelled Krab buatan Polandia,” lapor Konashenkov.



Sementara itu di wilayah Krasny Liman, pasukan Rusia melenyapkan sekitar 180 tentara Ukraina. "Di daerah Krasny Liman, operasi aktif oleh unit-unit dari Battlegroup Center, serangan udara, artileri dan tembakan penyembur api menyebabkan kerusakan pada tenaga dan peralatan tentara Ukraina,” jelasnya.

Pasukan Rusia juga dilaporkan melenyapkan perangkat keras militer selama pertempuran. “Sekitar enam kendaraan tempur lapis baja, peluncur roket ganda Grad, howitzer D-20, dan radar kontra-baterai dihancurkan di daerah itu dalam 24 jam terakhir,” lapor Konashenkov.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)