Blinken: Rusia Tidak Gunakan Nuklir di Ukraina karena China dan India

Sabtu, 25 Februari 2023 - 14:50 WIB
loading...
A A A
Kedua negara juga memilih abstain dalam pemungutan suara penting Majelis Umum PBB yang diadakan pada malam peringatan satu tahun invasi Ukraina.

Pemungutan suara berusaha untuk mengutuk perang Rusia di Ukraina dan menuntut pasukan Rusia untuk mundur.

Blinken pada hari Jumat waktu setempat mengkonfirmasi bahwa ia akan melakukan perjalanan ke India pada 1 Maret untuk menghadiri pertemuan Menteri Luar Negeri G20 setelah konfirmasi serupa juga dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Blinken tampaknya membela India, mengatakan beberapa negara memiliki hubungan selama beberapa dekade dengan Rusia yang berasal dari Uni Soviet.



“India selama beberapa dekade memiliki Rusia pada inti yang menyediakan peralatan militer untuk itu dan pertahanannya, tetapi apa yang telah kita lihat selama beberapa tahun terakhir adalah lintasan yang jauh dari mengandalkan Rusia dan pindah ke kemitraan dengan kami dan dengan negara-negara lain - Prancis dansebagainya,” katanya.

Dalam komentar yang menggarisbawahi kekhawatiran Washington yang berkembang bahwa Beijing dapat memberikan bantuan militer kepada Rusia, Blinken mengatakan pemerintah Xi Jinping mungkin memberikan persetujuannya kepada beberapa perusahaan China untuk memberikan dukungan “penggunaan ganda” yang tidak mematikan Rusia.

"Ada beberapa dukungan tipe ganda yang tidak mematikan yang berasal dari perusahaan-perusahaan China quote-unquote, yang hampir pasti disetujui oleh negara, karena benar-benar tidak ada perbedaan, tetapi bukan dukungan militer yang mematikan," ungkap Blinken.

"Tapi kami juga telah mengambil informasi selama beberapa bulan terakhir bahwa China sekarang sangat mempertimbangkan untuk melakukan itu," imbuhnya.

Tidak ada komentar langsung dari China, tetapi Kementerian Luar Negerinya pada hari Kamis mengatakan bahwa potensi intelijen tentang transfer senjata oleh China ke Rusia, yang berencana untuk dibebaskan oleh AS, adalah spekulasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)