Joe Biden: Ukraina Tak Butuh Jet Tempur F-16 Sekarang

Sabtu, 25 Februari 2023 - 13:46 WIB
loading...
Joe Biden: Ukraina Tak Butuh Jet Tempur F-16 Sekarang
Presiden AS Joe Biden sebut Ukraina tidak membutuhkan jet tempur F-16 sekarang untuk melawan invasi Rusia. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tidak membutuhkan jet tempur F-16 sekarang. Dia pun mengesampingkan pengiriman jet tempur ke Kiev untuk saat ini.

“Dia tidak membutuhkan F-16 sekarang,” kata Biden kepada ABC News, yang dilansir Sabtu (25/2/2023). "Saya mengesampingkannya untuk saat ini," katanya lagi.

Klaim Biden ini berbeda dengan kenyataan, di mana Zelensky dan pejabat Ukraina lainnya sudah berkali-kali meminta Amerika mengirimkan jet tempur F-16 untuk melawan invasi Rusia.



Sementara itu, pensiunan Kolonel Angkatan Udara AS Jeffrey Fischer mendesak Biden untuk mengirim jet tempur F-16 ke Kiev untuk membantu Ukraina mengakhiri perang dengan cepat.

“Sulit untuk tidak mendukung kekuatan udara ketika Anda melihat apa yang terjadi di Serbia atau Desert Storm,” kata Fischer kepada Newsweek dari Austria.

"Ketika Anda bisa terbang sesuai keinginan Anda sendiri, Anda memberikan ruang manuver dan perlindungan penutup atas dan mengambil dari musuh," paparnya.

“Saya percaya superioritas udara bagi Ukraina sangat penting untuk mengakhiri perang ini dengan cepat,” imbuh dia.

Fischer membandingkan konflik saat ini dengan ruang pertempuran Perang Dunia II, dengan mengatakan:"Tanpa ketinggian Anda akan mengalami pertempuran gesekan."

Dia menggemakan doktrin Colin Powell yang berasal sebelum Perang Teluk, di mana menambah kemenangan pertempuran tidak akan cukup dalam jangka panjang.

"Saya khawatir kita jatuh seperti yang kita lakukan di Vietnam.... Sulit untuk membantah bahwa Ukraina tidak membutuhkan superioritas udara ketika [Biden] hanya naik kereta api selama 10 jam," katanya, menyinggung pidato presiden baru-baru ini soal perjalanan ke Ukraina untuk bertemu dengan Zelensky.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)