Kapal Induk Nuklir AS Kemungkinan Bakal Dikirim ke Korea Selatan

Jum'at, 24 Februari 2023 - 20:29 WIB
loading...
Kapal Induk Nuklir AS Kemungkinan Bakal Dikirim ke Korea Selatan
Kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat kemungkinan akan dikirim ke Korea Selatan untuk latihan tempur gabungan bulan depan. Foto/REUTERS
A A A
SEOUL - Sebuah kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat (AS) kemungkinan akan dikirim ke Korea Selatan (Korsel) untuk latihan tempur gabungan bulan depan.

Kantor berita Yonhap, mengutip sumber pemerintah Seoul, pada Jumat (24/2/2023), melaporkan Korea Selatan dan Amerika Serikat sedang berkonsultasi mengenai kemungkinan pengiriman kapal induk bertenaga nuklir Washington.

Langkah ini selaras dengan upaya peningkatan sekutu untuk memperkuat pencegahan menyusul provokasi rudal Korea Utara (Korut), termasuk rentetan uji tembak rudal balistik jarak dalam beberapa hari terakhir.



Jika disetujui, kapal induk kelas Nimitz, pusat kekuatan Angkatan Laut Amerika, kemungkinan akan berlabuh di Korea Selatan dan mengambil bagian dalam latihan tempur gabungan Freedom Shield yang akan dimulai pada pertengahan Maret.

AS sebelumnya telah mengirim kapal induk USS Ronald Reagan ke semenanjung Korea tahun lalu.

Kementerian pertahanan Seoul menolak untuk mengonfirmasi apakah kapal induk kelas Nimitz AS akan dikerahkan ke Korea Selatan dalam waktu dekat.

"Pengerahan aset militer utama AS telah berjalan dalam konsultasi erat antara Korea Selatan dan AS," kata kementerian itu dalam pernyataan pers.

Selama pembicaraan tahunan menteri pertahanan kedua negara pada November tahun lalu, kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan frekuensi dan intensitas pengerahan aset strategis AS ke semenanjung Korea. Aset strategis biasanya berarti kapal induk, pesawat pengebom strategis, dan kapal selam bertenaga nuklir.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)