Lagi, Korea Utara Tembakkan 4 Rudal Jelajah ke Laut Jepang

Jum'at, 24 Februari 2023 - 12:15 WIB
loading...
Lagi, Korea Utara Tembakkan 4 Rudal Jelajah ke Laut Jepang
Lagi, Korea Utara Tembakkan 4 Rudal Jelajah ke Laut Jepang. FOTO/Yonhap
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) telah menguji coba menembakkan empat rudal jelajah strategis ke laut, kata media pemerintah, Jumat (24/2/2023). Latihan itu menunjukkan kesiapan konflik "pasukan tempur nuklir" Pyongyang.

Ini adalah uji coba terbaru dari serangkaian uji senjata provokatif yang telah meningkatkan ketegangan di semenanjung Korea -- dan meningkatkan kekhawatiran bahwa Korut mungkin akan melakukan uji coba nuklir pertamanya sejak 2017.



“Empat rudal "Hwasal-2" ditembakkan dari daerah Kota Kim Chaek di provinsi Hamgyong Utara menuju Laut Timur, juga dikenal sebagai Laut Jepang, pada Kamis (23/2/2023) pagi,” kata Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), seperti dikutip dari Reuters.

“Rudal melakukan perjalanan 2.000 kilometer (1.240 mil) sebelum "tepat" mencapai target mereka,” lanjut laporan itu, tanpa menyebutkan targetnya. "Komisi Militer Pusat Partai Buruh Korea menyatakan sangat puas atas hasil latihan peluncuran tersebut," kata KCNA.

"Latihan itu dengan jelas menunjukkan sekali lagi postur perang pasukan tempur nuklir DPRK yang memperkuat dalam segala hal kemampuan serangan balik nuklirnya yang mematikan terhadap pasukan musuh," tambahnya.

Peluncuran itu dilakukan setelah Korut yang bersenjata nuklir menembakkan tiga rudal terlarang dalam sepekan terakhir, termasuk uji coba rudal balistik antarbenua yang menurut Pyongyang menunjukkan kapasitasnya untuk "serangan balik nuklir yang fatal terhadap pasukan musuh".



ICBM yang diluncurkan hari Sabtu mendarat di zona ekonomi eksklusif Jepang dan merupakan peluncuran pertama Pyongyang dalam tujuh minggu. Uji coba provokatif dilakukan di sekitar latihan militer bersama yang diadakan oleh Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat di Laut Jepang pada hari Rabu.

Awal pekan ini, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, menggambarkan Pasifik sebagai "jarak tembak kami".

Pada hari yang sama, Pyongyang menolak kecaman dari ketua PBB atas peluncuran rudal balistiknya baru-baru ini, mengatakan itu "tidak adil dan tidak seimbang" dan mengabaikan hak Korea Utara untuk membela diri.

Hubungan antara kedua Korea berada di salah satu titik terendah dalam beberapa dekade. Korea Utara menyatakan dirinya tahun lalu sebagai kekuatan nuklir yang "tidak dapat diubah" dan Kim menyerukan peningkatan "eksponensial" dalam produksi senjata, termasuk senjata nuklir taktis.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)