Setahun Invasi Pasukan Moskow, Ini Wilayah Ukraina yang Dikuasai Rusia

Jum'at, 24 Februari 2023 - 13:40 WIB
loading...
Setahun Invasi Pasukan Moskow, Ini Wilayah Ukraina yang Dikuasai Rusia
Setahun Invasi Pasukan Moskow, Ini Wilayah Ukraina yang Dikuasai Rusia. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022. Hari ini, Jumat (24/2/2023), perang telah berlangsung selama satu tahun. Selama kurun itu, beberapa wilayah di Ukraina berhasil dikuasai oleh Rusia.

Pertempuran sengit juga masih terus berlangsung di sejumlah wilayah. Seperti dikutip dari The Guardian, berikut wilayah-wilayah di Ukraina yang telah dikuasai Rusia.



1. Kharkiv
Pendudukan Rusia di Kharkiv dimulai pada 24 Februari 2022, saat Rusia menginvasi Ukraina. Pada pertengahan Mei 2022, Ukraina mendorong Rusia kembali ke pinggiran perbatasan Rusia. Hal tersebut menunjukkan Ukraina terus melakukan perlawanan terhadap Rusia.

Pada September 2022, pasukan Ukraina memulai serangan balasan secara besar-besaran. Hingga akhirnya pada 11 September 2022, Rusia mundur dari sebagian besar pemukiman yang sebelumnya dikuasai Rusia. Bendera Ukraina kembali dikibarkan di wilayah seluas 6.000 kilometer persegi ini.

2. Kherson
Wilayah Kherson berhasil jatuh ke tangan Rusia pada 2 Maret 2022. Kemudian pada 29 Juni, pasukan Rusia di Kherson mengumumkan persiapan untuk mengadakan referendum. Tak tinggal diam, Ukraina juga mengumumkan persiapan serangan balasan, selain juga mendesak penduduk Kherson untuk berlindung atau mengungsi untuk meminimalkan korban sipil.

Menyusul penghancuran jembatan Antonivskyi, kemajuan pasukan Ukraina dari barat, serta kurangnya jalur pasokan, memaksa pasukan Ukraina mundur pada November 2022. Pasukan Rusia kemudian terpaksa mundur dari semua area di tepi Sungai Dnipro, termasuk Kherson. Keberhasilan Ukraina merebut kembali Kherson dihasilkan dari sebagian besar penggunaan roket presisi Himars yang disediakan Amerika Serikat.



3. Donetsk
Lebih dari separuh wilayah Donetsk timur Ukraina berada di bawah kendali Rusia. Republik Rakyat Donetsk merupakan salah satu dari empat wilayah di Ukraina yang dianeksasi Moskow. Serangan berkelanjutan Rusia di garis depan Donetsk telah menghancurkan kota Bakhmut.

Pada Sabtu (1/10/2022), Ukraina berhasil merebut Lyman, kota yang merupakan bagian dari Donetsk. Lyman dipandang sebagai pintu gerbang ke Luhansk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)