3 Sistem Roket Artileri NATO yang Canggih dan Mematikan

Selasa, 21 Februari 2023 - 14:22 WIB
loading...
3 Sistem Roket Artileri NATO yang Canggih dan Mematikan
RM-70, satu dari tiga sistem roket artileri NATO yang canggih dan mematikan. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - North Atlantic Treaty Organization atau NATO merupakan aliansi politik dan militer internasional yang beranggotakan Negara-negara Barat.

Menjadi salah satu organisasi militer Internasional, NATO memiliki banyak persenjataan yang superlengkap, termasuk memiliki sistem roket artileri yang canggih dan mematikan.

Sistem artileri roket telah menjadi salah satu dari beberapa senjata paling mematikan di medan perang. Senjata ini memiliki desain yang dirancang untuk memompa api dalam volume tinggi serta dalam waktu yang singkat.

Berikut tiga sistem roket artileri canggih dan mematikan yang dioperasikan NATO:

1. RM-70

Meskipun dirancang untuk negara-negara Pakta Warsawa selama Perang Dingin, peluncur RM-70 terus dikembangkan dan digunakan di gudang senjata NATO di Eropa Tengah.

Berdasarkan sasis truk Tatra yang ada, peluncur RM-70 dapat berfungsi sebagai alternatif anggaran. Hal ini dikarenakan perusahaan Slovakia telah menawarkan untuk mengubah RM-70 agar dapat memasang paket roket 227mm yang dapat menampung 6 putaran standar NATO.

Roket ini berukuran 122 mm (sama seperti pada artileri Soviet BM-21 Grad), RM-70 adalah peluncur yang tangguh. Namun berbeda dengan Grad, sasis truk panjang 8x8 sangat memungkinkan pengangkutan satu muatan penuh yang berisi 40 roket yang siap meluncur.

2. T-300 Kasirga

T-300 Kasirga Turki merupakan salah satu sistem artileri roket NATO yang benar-benar dapat dianggap sebagai sistem “mematikan” seperti BM-30 Smerch Rusia/Soviet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)