Putin Bertemu Lukashenko, Bahas Keamanan, Kerja Sama Militer, dan Ekonomi

Sabtu, 18 Februari 2023 - 18:40 WIB
loading...
Putin Bertemu Lukashenko, Bahas Keamanan, Kerja Sama Militer, dan Ekonomi
Putin Bertemu Lukashenko, Bahas Keamanan, Kerja Sama Militer, dan Ekonomi. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin dan timpalannya dari Belarusia Alexander Lukashenko membahas kerja sama ekonomi dan militer, serta masalah keamanan pada pertemuan mereka, Jumat (17/2/2023).

"Seperti yang telah kami sepakati, kami akan mendedikasikan sebagian besar waktu untuk persiapan pertemuan yang lebih luas dengan rekan-rekan pemerintah kami,” kata Putin saat memulai pertemuan dengan Lukashenko.



“Dan, seperti biasa, berbicara tentang seluruh rangkaian hubungan kami. Itu menyangkut masalah keamanan, kerja sama militer, tetapi yang mendasari semuanya adalah ekonomi," lanjut Putin, seperti dikutip dari TASS.

Dia menyebutkan, peningkatan perdagangan antar negara: Ini mencapai rekor lebih dari 43 miliar dolar setara sejak tahun lalu.

"Dan hal utama yang membuat saya sangat senang adalah kami meningkatkan kemampuan di bidang kerja sama industri, pertama-tama," kata Putin.

Putin juga mengatakan bahwa berkat upaya yang dilakukan oleh Lukashenko, banyak warisan Soviet di daerah itu telah dilestarikan dan kemudian "dikembangkan secara positif".



“Dan, hasil pengembangan tersebut dapat kita manfaatkan saat ini, bahkan dengan memadukan upaya-upaya, kita menciptakan semacam sinergi. Di satu sisi ada potensi Anda di bidang industri, dan di sisi lain ada kebutuhan pasar kami dan upaya tambahan dari perusahaan Rusia, insinyur, sekolah ilmiah kami,” ungkap Putin.

“Semua ini berkembang sangat efektif di beberapa industri, dan kami berharap ini akan menghasilkan hasil yang baik untuk Belarus dan Rusia," kata presiden Rusia itu.

Menurutnya, pekerjaan untuk memperkuat Negara Persatuan juga membantu pembangunan ekonomi lebih lanjut.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)