Zelensky Sebut Negara Pecahan Soviet Lainnya Target Invasi Putin Berikutnya

Sabtu, 18 Februari 2023 - 10:57 WIB
loading...
Zelensky Sebut Negara Pecahan Soviet Lainnya Target Invasi Putin Berikutnya
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebut negara pecahan Soviet lainnya menjadi target invasi Rusia berikutnya. Foto/Kai Pfaffenbach/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan jelas bahwa Ukraina tidak akan menjadi perhentian terakhir invasi Presiden Rusia Vladimir Putin. Menurutnya, negara pecahan Soviet lainnya menjadi target invasi berikutnya.

Zelensky kembali menegaskan bahwa sangat penting bagi Barat untuk tidak menunda pengiriman senjata guna membantu Kiev mengusir pasukan Moskow.

Berbicara di Konferensi Keamanan Munich melalui tautan video pada hari Jumat ketika Barat sedang menegosiasikan pasokan tank untuk Kiev, Zelensky mengatakan Kremlin sedang memikirkan cara untuk "mencekik" negara pecahan republik Soviet, Moldova, di sebelah barat Ukraina.

“Jelas bahwa Ukraina tidak akan menjadi perhentian terakhirnya,” kata Zelensky.



“Dia akan terus melanjutkan gerakannya, termasuk semua negara lain yang pada suatu saat menjadi bagian dari blok Soviet," ujarnya, seperti dikutip The Guardian, Sabtu (18/2/2023).

Moldova, yang terjepit di antara Ukraina dan Rumania, sering menjadi pusat perjuangan antara Moskow dan Barat.

Ketegangan di Moldova telah meningkat secara berkala, terutama karena wilayah yang memisahkan diri yang didukung Kremlin di perbatasan timurnya di mana Rusia telah menempatkan sekitar 1.500 tentara.

Pada hari Senin, Presiden Moldova Maia Sandu mengatakan Moskow sedang merencanakan untuk menggulingkan pemerintahannya dan memasang pemerintahan tidak sah. "Yang akan menempatkan negara kita pada pembuangan Rusia untuk menghentikan proses integrasi Eropa," katanya.

Dia menuduh Rusia mencoba menggunakan Moldova dalam perang melawan Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)