Tupai di Colorado Diserang Wabah Penyakit Bubonic

Kamis, 16 Juli 2020 - 05:39 WIB
loading...
Tupai di Colorado Diserang Wabah Penyakit Bubonic
Wabah penyakit bubonic atau pes menyerang tupai di Colorado, AS. Foto/Fox News
A A A
WASHINGTON - Seekor tupai telah diuji positif penyakit bubonic atau pes di Kota Morrison di Colorado, Amerika Serikat (AS). Demikian pengumuman yang dikeluarkan pejabat Kesehatan Masyarakat Jefferson County dalam sebuah pernyataan selama akhir pekan.

"Tupai itu, yang ditemukan pada hari Sabtu, adalah kasus wabah pertama di Jefferson County," kata pernyataan itu seperti dikutip dari CBS News, Kamis (16/7/2020).

Seorang juru bicara untuk Kesehatan Masyarakat Jefferson County mengatakan kepada CBS News bahwa seseorang di Morrison melaporkan melihat setidaknya 15 tupai mati di sekitar kota. Pejabat kesehatan kemudian menguji seekor tupai, dan diketaui positif pes. Mereka menduga tupai-tupai yang lain juga terinfeksi.

Dalam sebuah pernyataan, para pejabat memperingatkan bahwa penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis itu dapat ditularkan oleh manusia dan hewan rumah tangga. Mereka mengatakan manusia dapat terinfeksi melalui gigitan kutu, batuk hewan yang terinfeksi atau dengan bersentuhan langsung dengan darah atau jaringan dari hewan yang terinfeksi.

Kucing menjadi binsatang yang sangat rentan terhadap wabah ini dan dapat tertular dari gigitan kutu atau goresan atau gigitan tikus, atau dengan menelan tikus.

"Kucing juga bisa mati jika tidak diobati dengan antibiotik," kata para pejabat.

Sementara anjing tidak rentan terhadap wabah ini. Namun, anjing bisa membawa dan meneruskan kutu yang terinfeksi wabah.

Petugas menyarankan pemilik hewan peliharaan yang tinggal di dekat populasi hewan liar, atau mencurigai hewan peliharaan mereka sakit, untuk berkonsultasi dengan dokter hewan.

Dalam pernyataannya, Kesehatan Masyarakat Jefferson County merekomendasikan beberapa tindakan pencegahan untuk melindungi dari wabah, termasuk menghilangkan sumber makanan dan tempat berlindung bagi hewan liar, menghindari hewan liar yang sakit dan mati serta tikus, berkonsultasi dengan dokter hewan tentang kutu dan pengendalian kutu.

"Risiko terkena wabah sangat rendah selama tindakan pencegahan diambil," bunyi pernyataan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)