Sosok Rachel Levine, Transgender Yahudi yang Jadi Laksamana Bintang 4 AS

Sabtu, 18 Februari 2023 - 12:11 WIB
loading...
Sosok Rachel Levine, Transgender Yahudi yang Jadi Laksamana Bintang 4 AS
Rachel Leland Levine, wanita transgender yang menjadi laksamana bintang empat di Korps Layanan Kesehatan Masyarakat Amerika Serikat. Foto/NHS.gov
A A A
WASHINGTON - Rachel Leland Levine (65) adalah wanita transgender yang menjadi laksamana bintang empat di Korps Layanan Kesehatan Masyarakat Amerika Serikat (AS).

Dia terlahir sebagai laki-laki dengan nama Richard pada 28 Oktober 1957 di Massachusetts. Dia bertransisi menjadi wanita pada tahun 2011 setelah memiliki dua anak dari istrinya, Martha Peaslee Levine--yang dinikahi tahun 1988 dan bercerai tahun 2013.

Levine merupakan anak dari pasangan pengacara; Melvin dan Lillian Levine. Dia adalah seorang Yahudi dan dibesarkan di sekolah Ibrani.



Levine sebelumnya adalah dokter anak yang menjabat sebagai asisten Menteri Kesehatan Amerika Serikat sejak 26 Maret 2021.

Wanita transgender ini juga tercatat sebagai profesor pediatri dan psikiatri di Penn State College of Medicine, dan sebelumnya menjabat sebagai dokter umum Pennsylvania dari 2015 hingga 2017 dan sebagai sekretaris Departemen Kesehatan Pennsylvania dari 2017 hingga 2021.

Pada 19 Oktober 2021, Levine menjadi perwira bintang empat transgender pertama di Amerika yang ditunjuk langsung oleh Presiden Joe Biden.

Dia menggambarkan penunjukannya sebagai kesempatan penting dan bersejarah selama pidato pengambilan sumpah jabatan pada 19 Oktober 2021.

"Semoga penunjukan ini hari ini menjadi yang pertama dari banyak lagi yang akan datang, karena kita menciptakan masa depan yang beragam dan lebih inklusif,” katanya dalam pidatonya kala itu, yang memberi penghormatan kepada individu LGBT lain yang datang sebelum dia.

Dia pernah dinobatkan sebagai salah satu "Women of The Year" versi USA Today pada tahun 2022, yang mengakui wanita yang telah memberikan dampak signifikan pada masyarakat.

Laksmana Levine pernah menjabat sebagai anggota dewan Equality Pennsylvania, sebuah organisasi hak LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender).
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)