Kisah Anjing-anjing Pahlawan Pencari Korban Gempa Turki dan Suriah

Rabu, 15 Februari 2023 - 13:09 WIB
loading...
Kisah Anjing-anjing Pahlawan Pencari Korban Gempa Turki dan Suriah
Anjing-anjing ini milik tim SAR internasional Jerman. Foto/Piroschka van de Wouw/REUTERS
A A A
ISTANBUL - Beberapa jam setelah dua gempa besar dan ratusan gempa susulan melanda Turki tenggara dan Suriah barat laut pada 6 Februari, beberapa penyelamat yang sangat dibutuhkan mulai berdatangan di Turki.

Tim K9 dari seluruh dunia datang untuk membantu GEA, tim relawan penyelamat Turki.

K9, homofon anjing, adalah anjing yang dilatih khusus untuk membantu pasukan keamanan dan tim darurat, baik dalam penyelamatan, perburuan narkoba, atau operasi lainnya.

Kisah Anjing-anjing Pahlawan Pencari Korban Gempa Turki dan Suriah


Anjing-anjing ini berasal dari, antara lain, El Salvador, Jerman, Meksiko, Qatar, Korea Selatan (Korsel), Swiss, Ukraina, dan Amerika Serikat (AS).

Penyelamat yang sangat diharapkan, yang dapat menemukan korban hanya dengan penciuman, diperlukan untuk membantu tim K9 Turki dalam operasi putus asa di mana bangunan setinggi 14 lantai telah runtuh, sehingga sulit menemukan korban selamat dengan mengandalkan penglihatan atau suara manusia.

REDOG, tim sukarelawan K9 dari Swiss, berada di kota Iskenderun, Turki, bekerja dengan tim GEA setempat, kelompok pencari dan penyelamat (SAR) yang semuanya sukarelawan.

Sejak tiba pada 6 Februari menjelang tengah malam, tim yang terdiri dari 10 orang dan enam anjing terlatih bersama GEA sejauh ini telah menemukan 39 orang masih hidup di bawah reruntuhan.

Anjing-anjing dilatih untuk mengendus aroma manusia, berdiri di tempat dan menggonggong dengan keras untuk mengingatkan pawangnya ke tempat mereka menemukannya.

Anjing kedua kemudian dilepaskan untuk melihat apakah dapat mengkonfirmasi temuan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)