Hari ke-8 Gempa Turki-Suriah, Korban Hidup Masih Ditemukan

Selasa, 14 Februari 2023 - 16:55 WIB
loading...
A A A
Media Turki, Haberturk, melaporkan salah satunya adalah Muhammed Enes (17), yang terlihat terbungkus selimut termal dan dibawa dengan tandu ke ambulans. Lusinan penyelamat bekerja di lokasi dan tentara Turki berpelukan dan bertepuk tangan setelah aksi penyelamatan mereka.



Di Suriah, PBB mengumumkan, Presiden Bashar al-Assad setuju untuk membuka dua titik penyebrangan baru dari Turki ke barat laut yang dikuasai pemberontak untuk mengirimkan bantuan dan peralatan yang sangat dibutuhkan jutaan korban.

PBB berada di bawah tekanan kuata untuk mendapatkan lebih banyak bantuan dan alat berat ke barat laut Suriah yang dikuasai pemberontak sejak gempa terjadi seminggu yang lalu, dengan korban yang selamat tidak memiliki sarana untuk menggali korban selamat lainnya dan jumlah korban tewas meningkat.

Menurut media pemerintah Suriah, pesawat yang membawa bantuan pertama dari Arab Saudi, yang membawa 35 ton makanan, mendarat di bandara Aleppo yang dikuasai pemerintah pada Selasa pagi.

Arab Saudi telah mengumpulkan sekitar USD50 juta dolar dalam kampanye publik untuk membantu Turki dan Suriah. Sebelum hari ini, pesawat-pesawat Arab Saudi mendarat di Turki, dengan beberapa bantuan juga masuk ke Suriah barat laut yang dikuasai pemberontak.

Beberapa negara Arab lainnya telah mengirim pesawat yang sarat dengan bantuan ke Suriah yang dikuasai pemerintah, termasuk Yordania dan Mesir, Uni Emirat Arab. Aljazair, Irak, Oman, Tunisia, Sudan dan Libya juga telah mengirimkan bantuan ke Damaskus.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)