Biden: Amerika Tidak Mencari Konflik dengan China

Jum'at, 10 Februari 2023 - 01:30 WIB
loading...
Biden: Amerika Tidak Mencari Konflik dengan China
Presiden AS Joe Biden mengaku negaranya tidak mencari konflik dengan China. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) tidak mencari konflik dengan China , meskipun ketegangan meningkat atas jatuhnya balon pengintai China pekan lalu di wilayah udaranya. Hal itu diungkapkan Presiden Joe Biden kepada lembaga penyiar AS, PBS.

"Kami akan bersaing sepenuhnya dengan China, tapi kami tidak mencari konflik - dan itulah yang terjadi sejauh ini," kata Biden, Rabu (8/2/2023).



Meski begitu, presiden AS membuat marah Beijing dengan mengatakan bahwa Presiden China Xi Jinping memiliki "masalah besar", termasuk "ekonomi yang tidak berfungsi dengan baik".

“Jenis retorika dari AS ini sangat tidak bertanggung jawab dan bertentangan dengan etiket diplomatik dasar,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning kepada wartawan pada Kamis (9/2/2023). Ia juga mengatakan Beijing “sangat tidak puas”.

Penampakan balon tersebut, yang menurut pejabat AS merupakan bagian dari armada mata-mata yang menjangkau lima benua, telah menyebabkan pertikaian diplomatik antara kedua negara. Salah satu imbasnya, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menunda perjalanan ke Beijing.

Blinken mengatakan bahwa balon pengintai yang dicurigai adalah "pelanggaran yang jelas terhadap kedaulatan kita". Diplomat top mengatakan bahwa AS memberikan data kepada sekutu karena dinilai menemukan puing-puing.



“Kami sudah berbagi informasi dengan puluhan negara di seluruh dunia, baik dari Washington maupun melalui kedutaan kami,” kata Blinken.

“Kami melakukannya karena Amerika Serikat bukan satu-satunya target dari program yang lebih luas ini, yang telah melanggar kedaulatan negara di lima benua,” katanya dalam konferensi pers bersama dengan kepala NATO Jens Stoltenberg.

Pentagon juga mengatakan pada hari Rabu bahwa balon itu adalah bagian dari program yang melibatkan sejumlah kapal udara yang telah dioperasikan China selama "beberapa tahun".

Biden, dalam pidato kenegaraannya pada hari Selasa, mengatakan bahwa perintahnya untuk menembak jatuh balon menunjukkan bahwa AS tidak akan ragu untuk bertindak bila diperlukan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)