Jurnalis Kondang Peraih Pulitzer Prize: AS Dalang Sabotase Nord Stream

Kamis, 09 Februari 2023 - 09:30 WIB
loading...
Jurnalis Kondang Peraih Pulitzer Prize: AS Dalang Sabotase Nord Stream
Jurnalis investigasi pemenang Pulitzer Prize, Seymour Hersh. Foto/dpc.org.ae
A A A
WASHINGTON - Jurnalis investigasi pemenang Pulitzer Prize, Seymour Hersh, menyebut pipa Nord Stream dihancurkan September lalu oleh Amerika Serikat (AS) dalam operasi rahasia.

Wartawan legendaris itu membuat pengungkapan mengejutkan itu dalam artikel yang diposting ke blognya yang baru diluncurkan di Substack pada Rabu (8/2/2023).

“Bahan peledak ditanam di jalur pipa pada Juni 2022 oleh penyelam Angkatan Laut AS dengan kedok latihan BALTOPS 22 NATO,” ungkap Hersh, mengutip sumber yang mengetahui langsung perencanaan operasional itu.

Wartawan itu mencatat bahwa dia telah menghubungi Gedung Putih dan CIA untuk memberikan komentar, dengan keduanya dengan tegas menolak klaim AS "mencabut" saluran pipa itu sebagai "benar-benar salah".



Bom tersebut diledakkan tiga bulan kemudian pada tanggal 26 September dengan sinyal jarak jauh yang dikirim oleh pelampung sonar.

Pelampung itu dijatuhkan di dekat jalur pipa Nord Stream oleh pesawat pengintai P8 Angkatan Laut Norwegia, menurut laporan itu.

Operasi itu membuahkan hasil setelah berbulan-bulan bolak-balik antara Gedung Putih, CIA, dan militer, dengan para pejabat berfokus pada bagaimana tidak meninggalkan jejak keterlibatan AS dalam serangan itu.



Proses perencanaan dimulai pada Desember 2021, ketika satuan tugas khusus dibentuk dengan partisipasi langsung dari Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)