Menhan Jerman Ragu Ukraina Mampu Rebut Lagi Crimea dan Donbass

Kamis, 09 Februari 2023 - 07:32 WIB
loading...
Menhan Jerman Ragu Ukraina Mampu Rebut Lagi Crimea dan Donbass
Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius mengendarai tank saat mengunjungi tank Leopard II yang akan dipasok ke Ukraina di brigade tank Lipperland tentara Jerman dan bagian dari Bundeswehr, di Augustdorf, Jerman, 1 Februari 2023. Foto/REUTERS/Benjamin We
A A A
KIEV - Menteri Pertahanan (Menhan) Jerman Boris Pistorius menyatakan ketidakpastian atas kemampuan Ukraina mencapai tujuannya merebut kembali Crimea dan Donbass.

Pejabat itu mengklaim dukungan berkelanjutan Barat untuk Kiev akan menjadi kunci dalam menentukan hasil konflik dengan Rusia.

Berbicara kepada surat kabar Bild Jerman pada Selasa (7/2/2023) selama kunjungan resmi ke ibu kota Ukraina, Pistorius ditanya apakah Kiev akan berhasil memulihkan kendali atas semua wilayah dalam perbatasan tahun 1991.

Menhan Jerman menggambarkan pertanyaan itu sebagai "sulit" dan menyamakannya dengan "melihat ke dalam bola kristal".



Sambil menghentikan prediksi, Pistorius memuji keberanian pasukan Kiev, menambahkan, "Sangat penting bagi kami untuk terus mendukung Ukraina dengan kemampuan terbaik kami."

“Ini adalah perang gesekan yang intens. Ada kerugian yang sangat tinggi,” ujar pejabat Jerman itu.

Ketika ditanya apakah dia mendukung pepatah sebelumnya bahwa "Ukraina harus memenangkan perang", Pistorius menjawab, "Ya, tentu saja."

Menurut menhan Jerman, seperti halnya kemampuan Ukraina memperoleh keuntungan teritorial, prospek negosiasi perdamaian masih belum pasti.

Pistorius, yang mulai menjabat pada 19 Januari, menegaskan komitmen Berlin menyediakan Kiev dengan 14 tank tempur utama Leopard 2A6 pada akhir Maret, dengan pelatihan personel Ukraina diharapkan akan dimulai dalam waktu dekat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)